Bank Sampah Sibalaya Utara Pemkab akan Bantu Mesin Pengolahan Sampah

  • Whatsapp
FOTO BANK SAMPAH SIGI

SIGI, MERCUSUAR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi bakal memberikan bantuan mesin pengolahan sampah kepada kelompok pemuda penggiat Bank Sampah Desa Sibalaya Utara, Kecamatan Tanambulava.

Hal itu dikatakan Wakil Bupati (Wabup) Sigi, Samuel Yansen Pongi, saat menerima kunjungan kelompok pemuda penggiat ‘Bank Sampah’ Desa Sibalaya Utara di Kantor Bupati Sigi Sementara, Selasa (30/3/2021).

Demikian rilis yang diterima wartawan Mercusuar, Rabu (31/3/2021).

Menurut Wabup, dengan adanya bantuan mesin pengelolah sampat, maka, kedepannya pengelolaan sampah di Bank ;Sampah’ sudah menggunakan mesin.

Bantuan mesin pengelolahan sampah, katanya, kedepannya juga akan diberikan pada Bank Sampah lainnya yang ada di Sigi.

“Saat ini ada empat Bank Sampah di Sigi, yakni Bank Sampah Desa Mpanau, Kecamatan Sigi Biromaru; Desa Sibalaya Utara, Kecamatan Tanambulava; Desa Bangga, Kecamatan Dolo Selatan dan Bank Sampah Desa Beka, Kecamatan Marawola,” sebutnya.

Lanjut Wabup, di Sigi sudah ada program inovasi yang digagas oleh Bupati Sigi, yakni Program ‘Sigi Hijau’. Untuk mendukung program tersebut, kelompok pemuda penggiat Bank Sampah Desa Sibalaya Utara, telah berhasil membuat paving blok dari plastik bekas.

Bahkan untuk mengurangi penggunaan sampah plastik, kelompok pemuda penggiat Bank Sampah juga telah membuat produk tempat air minum (tumbler) yang kemasannya dari bambu dan bahan dalamnya menggunakan material stainless.

“Organisasi Perangkat Daerah untuk segera menganggarkan pembelian produk tersebut dalam rangka mencintai produk lokal. Sehingga kedepannya untuk kegiatan rapat tidak perlu lagi membeli air minum kemasan plastik, tetapi panitia akan menyiapkan air minum galon, nanti tinggal isi ulang. Hal tersebut juga dalam rangka pemberdayaan sekaligus untuk pemulihan ekonomi,” tutup Wabup. AJI/*

Baca Juga