Donggala Genjot Vaksinasi Lansia

  • Whatsapp
VAKSIN-cae4120e

DONGGALA, MERCUSUAR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Donggala mulai melaksanakan vaksinasi COVID-19 untuk para lanjut usia (lansia). Vaksinasi lansia ini ditarget cukup tinggi, agar secara umum target vaksinasi bisa mencapai 70 persen, pada akhir tahun ini. Hai ini dikatakan Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekkab) Donggala, Rustam Efendi, pada kegiatan Gebyar Donggala Sadar Vaksin COVID-19 untuk para lansia, di halaman rumah jabatan Bupati Donggala, Rabu (24/11/2021).   

Sekkab mengatakan, sasaran vaksinasi lansia di Kabupaten Donggala baru mencapai 27,7 persen atau 5.179 orang, dari target sasaran 18.679 orang.

Berita Terkait

Diketahui bahwa syarat sebuah daerah untuk mencapai level dua, minimal masyarakat yang sudah  divaksinasi mencapai 50 persen dari target sasaran. Kabupaten Donggala sendiri sudah capai 52 persen, tapi hanya untuk komunitas umum, belum termasuk lansia.

Pilihan Redaksi :  Pemkab Morowali akan Bangun Mall Pelayanan Publik

“Realisasi target sasaran lansia masih rendah,” ujar Sekkab.

Olehnya Pemkab Donggala dengan menggelar Gebyar Sadar Vaksin, yang dirangkaikan dengan pembagian sembako, untuk mengintervensi program COVID-19 dalam bidang jejaring sosial, yang diharapkan dapat meningkatkan partispasi masyarakat khususnya usia lansia, untuk ikut divaksin.

Menurut Sekkab, Kabupaten Donggala memiliki 18 puskesmas yang tersebar di 16 kecamatan. Jika vaksinasi dilaksanakan di 18 puskesmas, dengan jumlah lansia yang divaksin rata-rata 250 orang per puskesmas, maka bisa mencapai 4.500 lansia yang divaksin atau terjadi kenaikan 24 persen, sehingga jika ditambah dengan jumlah lansia yang sudah divaksin sebanyak 5.179 orang, akan mencapai 9.679 lansia atau 51 persen, dari angka capaian 27,7 persen tersebut.

Pilihan Redaksi :  Dinkes Sosialisasi Vaksinasi untuk Anak Usia 6-11 Tahun 

“Vaksinasi lansia dengan pembagian sembako ini, sebagai bentuk keseriusan Pemkab Donggala yang didukung pejabat forkopimda sehingga dapat menaikkan angka partispasi lansia dalam menyukseskan program vaksinasi secara nasional,” tutupnya. HID 

Baca Juga