FDL Memperkuat Budaya dan Adat Lindu

  • Whatsapp

SIGI, MERCUSUAR – Ajang Festival Danau Lindu (FDL) Tahun 2023 resmi dibuka di Desa Tomado Kecamatan Lindu, Kamis (23/11/2023).

Bupati Sigi, Moh. Irwan mengatakan, FDL bertujuan sebagai penguatan kebudayaan dan adat di Kecamatan Lindu. Selain itu, untuk membangun silaturahmi bersama masyarakat di Kabupaten Sigi.

“Serta untuk peningkatan ruang ekonomi masyarakat. Walaupun tidak setiap hari, tapi setiap tahun kita buat ada peningkatan ekonomi masyarakat,” kata Irwan.

Ia juga mengatakan, ajang FDL juga dilaksanakan terkait konsep pembangunan yang berkaitan dengan penguatan lestari pada program Sigi Hijau, agar masyarakat sekitar maupun yang berasal dari luar dapat melihat kawasan Lindu tetap terjaga dan lestari.

“Sehingga masyarakat dapat menjaga ruang itu, seperti tidak menebang hutan, dan berupaya membuat keasrian kawasan Lindu ini terus ditingkatkan. Ruang-ruang hijau ini bagian dari konsep itu, sebenarnya sudah gabung seperti ekonomi, pariwisata dan ruang lainnya,” jelasnya. 

Irwan mengungkapkan, pada pelaksanaan FDL tahun 2023, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi belum mengundang kabupaten lain untuk berpartisipasi. Namun, ia merencanakan hal itu dapat dilakukan pada pelaksanaan FDL tahun depan.

FDL dicanangkan menjadi ajang tahunan di Kabupaten Sigi. Tahun ini merupakan pelaksanaan kali ketiga, serelah sebelumnya digelar pada tahun 2009 dan 2012. AJI

Baca Juga