Hidayat Dorong Peningkatan Anggaran PMI Morowali

MOROWALI, MERCUSUAR – Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Sulteng, Hidayat Lamakarate melantik para pengurus PMI Kabupaten Morowali masa bakti 2024-2029, di aula Bapelitbangda Morowali, Senin (24/6/2024).

Dalam sambutannya, Hidayat menyampaikan kepada Ketua PMI Morowali yang baru dikukuhkan, Yusman Mahbub yang juga Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Morowali, untuk dapat menaikkan anggaran bagi kepentingan markas PMI di daerah itu. Hal itu, menurut Hidayat, penting dilakukan untuk mendukung kinerja markas agar lebih maksimal.

“Saya waktu pertama kali dilantik jadi Ketua PMI, saya juga Sekretaris Daerah Provinsi. Saat itu anggaran PMI masih kecil. Begitu saya dilantik, saya naikkan anggarannya. Saya berharap ini juga dilakukan Ketua PMI Morowali, yang juga selaku Sekda Morowali,” ucap Hidayat.

Menurutnya, mengalokasikan anggaran yang sebesar-besarnya bagi PMI merupakan suatu hal yang realistis, untuk kepentingan pelaksanaan tugas-tugas kemanusiaan. 

Hidayat menegaskan, PMI adalah organisasi yang bekerja secara sukarela sesuai prinsipnya, yang di dalamnya ada manusia yang bekerja dan juga butuh menghidupi keluarga dan orang lain di sekitarnya.

“Sehingga ketika dia bekerja secara sukarela kepada masyarakat, maka negara yang harusnya memerhatikan kesejahteraan mereka,” kata Hidayat. 

Oleh karena itu, lanjut Hidayat, pemerintah wajib menyediakan anggaran sebagaimana tertuang dalam UU PMI yang belum lama ini disahkan, menyebutkan negara diwajibkan memberikan dukungan terhadap organisasi PMI dalam menjalankan tugas kemanusiaan.

“Ini yang selalu saya sampaikan kepada PMI kabupaten dan kota. Sebab ada beberapa daerah antara pengurus dengan Kepala Daerahnya tidak harmonis, sehingga anggaran dihapuskan,” ungkap Hidayat.

“Bayangkan, anggaran PMI dihapus, ada bencana. Jadi saya jelaskan kepada pemerintah, sesungguhnya ketika terjadi konflik kepentingan kedua belah pihak harus melihat tugas dan fungsi,” sambungnya.

Terkait kepengurusan yang baru di PMI Kabupaten Morowali, Hidayat berharap organisasi tersebut lebih terarah untuk tugas kemanusiaan, demi Morowali lebih baik ke depan, ditunjang operasional yang cukup. 

Pos terkait