Imam Masjid Ujung Tombak Menangkal Radikalisme

  • Whatsapp

PARIGI MOUTONG, MERCUSUAR – Satgas II Preemtif Operasi Madago Raya 2023 menggelar kegiatan peningkatan kemampuan Imam Masjid dan Pegawai Syara di Kabupaten Parigi Moutong (Parmout), di saah satu hotel di Parigi, Rabu (6/12/2023).

Hadir dalam kegiatan itu, mewakili Kasatgas II Preemtif Operasi Madago Raya 2023, Kompol Mat Syukri, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Sulteng, Prof. Dr. Zainal Abidin, Kasi Urais dan Penerangan Islam Kanwil Kemenag Sulteng, Taufik Abd. Azis, serta para Dai Polri.

Kasatgas II Preemtif yang diwakili oleh Pamen Satgas II, Kompol Mat Syukri saat membuka kegiatan mengatakan, kegiatan peningkatan kemampuan Imam Masjid dan Pegawai Syara merupakan salah satu kegiatan prioritas, yang bertujuan untuk menangkal masuknya paham radikal, terorisme dan intoleransi.

“Diharapkan para Imam dan Pegawai Syara dapat menjadi ujung tombak dalam menangkal paham radikal, terorisme dan intoleransi di wilayah Provinsi Sulawesi Tengah. Pembekalan ini, adalah sebuah langkah untuk menjadikan Imam Masjid dan Pegawai Syara sebagai sentra utama, untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan ummat atau bangsa,” ucap Mat Syukri.

Selain itu, lanjutnya, keberadaan Imam Masjid dan Pegawai Syara memiliki peran penting dalam pengembangan dan pembangunan Islam, karena berada di tengah-tengah umat.

Ketua FKUB Provinsi Sulteng, Prof. Dr. Zainal Abidin pada kesempatan tersebut membawakan materi tentang ‘Moderasi Beragama sebagai Perekat dan Pemersatu Bangsa’, sementara Kasi Urais dan Penerangan Islam Kanwil Kemenag Sulteng, Taufik Abd. Azis membawakan materi tentang ‘Peran Imam Masjid dan Pegawai Syara dalam Menangkal Paham Radikal dan Intoleransi di Lingkungannya’.

Dalam sesi tanya jawab dan kesimpulan, para Imam Masjid dan Pegawai Syara mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada Satgas II Preemtif Ops Madago Raya, yang telah melaksanakan kegiatan pembinaan tersebut. */ULY

Baca Juga