Jelang MTQ Nasional XXIX, Peserta Asal Sulteng Diberi Pelatihan Virtual

  • Whatsapp
MTQ-9ba91f71
Kabid Bimas Islam Kanwil Kemenag Sulteng, Junaidin, saat membuka pelatihan virtual peserta MTQ nasional asal Provinsi Sulteng, baru-baru ini. FOTO: HUMAS KEMENAG

PALU, MERCUSUAR – Para peserta asal Provinsi Sulteng yang akan mengikuti Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional XXIX tahun 2022 di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, diberikan pelatihan secara virtual, yang dibuka baru-baru ini.

Pelatihan tersebut dibuka langsung Kepala Bidang Bimbingan Masyarakat Islam (Bimas Islam) Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulteng yang juga Sekretaris Umum LPTQ Sulteng, Junaidin.

Berita Terkait

Dalam sambutannya, Junaidin menyampaikan bahwa peserta dari Sulteng yang akan mengikuti ajang tingkat nasional tersebut sebanyak 51 orang.

“Para peserta akan berlomba pada semua cabang dan golongan,” kata Junaidin.

Cabang dan golongan yang diikuti yakni cabang tilawah golongan anak-anak, remaja, dewasa, cacat netra, tartil, qiraat murattal remaja, murattal dewasa dan qira’at mujawwad.

Kemudian cabang tahfizh golongan 1 juz tilawah, 5 juz tilawah, 10 juz, 20 juz dan 30 juz. Cabang tafsir golongan bahasa Indonesia, Arab dan Inggris. cabang kaligrafi golongan naskah, hiasan mushaf, naskah dan dekorasi. Serta cabang fahmil Qur’an, syarhil Qur’an, dan karya tulis ilmiah Al-Qur’an.

Junaidin berharap para peserta dan pelatih, dalam pelatihan virtual tersebut dapat memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya.

“Mari kita tanamkan niat bersungguh-sungguh, untuk memanfaatkan waktu pelatihan ini dengan sebaik-baiknya, dan tertib serta penuh rasa tanggung jawab. Tingkatkan pengetahuan, selalu pantau jadwal pelatihan, jangan ada yang terlambat dan menginformasikan kepada pelatih apabila ada peserta yang berhalangan,” tutur Junaidin.

Pelatihan virtual tersebut dilaksanakan pada 16-26 September 2022, kemudian dilanjutkan pelatihan offline (luring) pada 30 September 202 hingga 9 Oktober 2022 di Asrama Haji transit Palu. Pelaksanaan MTQ Nasional XXIX di Banjarmasin dijadwalkan pada 12-19 Oktober 2022. */IEA

Baca Juga