JAKARTA, MERCUSUAR – Wakil Bupati (Wabup) Sigi, Samuel Yansen Pongi didampingi Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Sutopo Sapto Condro, Staf Ahli Bupati dan beberapa Pimpinan OPD Pemkab Sigi, melakukan pemaparan mengenai Evaluasi Implementasi Sistem Akuntabilitasi Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Kabupaten Sigi, di hadapan Asisten Deputi dan tim Evaluator Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen-PAN RB) RI, di Jakarta, Rabu (17/7/2024).
Wabup Sigi, Samuel mengatakan kegiatan tersebut bertujuan untuk menyampaikan pertanggungjawaban dan peningkatan kinerja instansi Pemerintah Daerah, melalui implementasi SAKIP.
SAKIP adalah rangkaian sistematik dari berbagai aktivitas, alat, dan prosedur yang dirancang untuk tujuan penetapan dan pengukuran, pengumpulan data, pengklasiikasian, pengikhtisaran, dan pelaporan kinerja pada instansi Pemerintah, dalam rangka pertanggungjawaban dan peningkatan kinerja instansi pemerintah.
“Di mana setiap pimpinan instansi pemerintah perlu melakukan evaluasi SAKIP di instansinya masing-masing setiap tahun,” jelas Samuel.
Ia menyampaikan Pemkab Sigi sudah melakukan perbaikan pohon kinerja, yang tujuannya agar lebih terarah, fokus pada hasil yang benar-benar dirasakan masyarakat, dengan meningkatkan 10 program strategis Bupati.
“Akibatnya dari perbaikan pohon kinerja itu, sudah dilakukan revisi perjanjian kinerja Bupati sampai perjanjian kinerja perangkat daerah,” ujarnya.
Pemkab Sigi, lanjutnya, juga telah menyusun Laporan Kinerja Tahunan (LAKIP) dan melakukan perbaikan kinerja akibat dari permasalahan yang dihadapi selama pelaksanaan program kegiatan, seperti memperbaiki proses pelayanan, sarana dan prasarana, serta lebih menfokuskan arah kinerja ke program strategis Bupati, salah satunya penanggulangan kemiskinan daerah dan penanganan stunting.
“Pemkab Sigi sangat berkomitmen untuk menuntaskan kemiskinan dan membangun infrastruktur daerah. Hal ini merupakan upaya dalam mewujudkan Kabupaten Sigi yang Maju, Berdaya Saing Berbasis Agribisnis,” tandasnya. */AJI