Pemkab Touna, Gelar Rakor bersama Kades dan Camat

  • Whatsapp

TOJO UNAUNA, MERCUSUAR – Wakil Bupati (Wabup) Tojo Unauna (Touna), Ilham Lawidu membuka secara resmi Rapat Koordinasi (Rakor) Kepala Desa (Kades) dan Camat se-Kabupaten Touna bersama perangkat daerah terkait, di salah satu hotel di Ampana, Rabu (29/11/2023).

Dalam sambutannya, Ilham berharap Rakor tersebut akan mempercepat program-program pembangunan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Touna, serta dapat memberikan pemahaman secara mendasar, terkait arah dan kebijakan program pembangunan, dan meningkatkan koordinasi antara Pemkab dengan Pemerintah Kecamatan dan Desa. 

“Jadi sasaran dan tujuan UU desa yaitu pembinaan dan fasilitasi terhadap pelaksanaan pemerintahan desa, dengan harapan dapat meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat, menurunkan kemiskinan dan menghadirkan pelayanan publik yang prima,” kata Ilham.

Berdasarkan hasil pemutakhiran data yang dilaksanakan oleh Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI tahun 2023, Kabupaten Touna mengalami peningkatan nilai Indeks Desa Membangun (IDM).

Desa mandiri pada tahun 2022 berjumlah 2 yakni Desa Labuan dan Desa Sarino, pada tahun 2023 bertambah 2 yakni Desa Wakai dan desa Matako.

Untuk desa maju pada tahun 2022 sebanyak 14 desa, sedangkan pada tahun 2023 bertambah menjadi 8 desa, sehingga desa maju di Kabupaten Touna naik sebanyak 22 Desa.

Desa berkembang pada tahun 2022 berjumlah 66 desa dan pada tahun 2023 naik menjadi 75 desa. Untuk desa tertinggal pada tahun 2022 sebanyak 48 desa dan pada tahun 2023 berkurang menjadi 33 desa. Sedangkan desa sangat tertinggal pada tahun 2022 sebanyak 4 desa, dan pada tahun 2023 menjadi nol.

“Perubahan nilai IDM tersebut adalah upaya kita bersama serta instansi terkait. Kenaikan status IDM ini tidaklah mudah, harus melewati berbagai capaian indikator berdasarkan Peraturan Menteri Desa PDTT Nomor 2 Tahun 2016, tentang Indeks Desa Membangun,” terang Ilham.

Ia berharap para perangkat desa, pendamping desa, tenaga ahli dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) dapat terus bekerja sama dan bersinergi, sehingga desa-desa di Touna bisa menjadi desa mandiri, dan pada akhirnya juga akan meningkatkan status Kabupaten Touna. */PAR

Baca Juga