9 TPS di Palu Berpotensi PSU, Bawaslu Imbau KPU Pastikan Ketersedian Surat Suara

  • Whatsapp
Pemungutan suara di TPS Kota Palu. FOTO : AMAR SAKTI/MS

PALU, MERCUSUAR – Bawaslu Kota Palu baru saja melakukan pemetaan terhadap potensi Pemungutan Suara Ulang atau PSU di 8 Kecamatan. Hasilnya, terdapat 9 TPS di rekomendasikan oleh Panwaslu Kecamatan untuk dilakukan PSU, Jumat (16/02/2024).

9 TPS yang dimaksud tersebar di Kecamatan Mantikulore empat TPS, Kecamatan Palu Selatan satu TPS, Kecamatan Palu Timur Satu TPS, Kecamatan Tatanga dua TPS dan Kecamatan Ulujadi satu TPS.

Ketua Bawaslu Kota Palu, Agussalim Wahid menielaskan, terdapat dua alasan Panwaslu Kecamatan merekomendasikan PSU yaitu karena pemilih yang menggunakan hak suaranya menggunakan KTP dari luar domisilih TPSnya dan tidak terdaftar sebagai Daftar Pemilih Tambahan (DPTb). 

“Serta pemilih DPTb luar Kota Palu yang menerima surat suara tidak sesuai jumlah yang harus diterima,” ujarnya.

Terhadap hal tersebut, Bawaslu Kota Palu telah mengelurkan imbauan nomor: 057/PM.00.02/KST-11/02/2024 tentang Pemungutan Suara Ulang yang berisi 3 poin yaitu:

1. KPU Kota Palu perlu memastikan ketersediaan surat suara dan logistic lainnya untuk Pemungutan Suara Ulang di Kota Palu

2. Berdasarkan potensi Pemungutan Suara Ulang yang dipetakan oleh Bawaslu Kota Palu(per-tanggal 16 Februari 2024) untuk beberapa Kecamatan, bahwa surat suara yang diperlukan lebih dari surat suara yang tersedia.

3. Agar KPU Kota Palu berkoordinasi dengan PPK terkait potensi Pemungutan Suara Ulang berdasarkan penyampaian Panwaslu Kecamatan dan jajarannya kepada PPK dan jajarannya, maupun rekomendasi Pemungutan Suara Ulang yang dilayangkan oleh Panwaslu Kecamatan kepada PPK.

Baca Juga