Bupati Sigi Hadiri Sosialisasi Membangun Kemitraan Pemda 

SIGI, MERCUSUAR – Bupati Sigi, Moh. Irwan, menghadiri sosialisasi membangun kemitraan pemerintah daerah (pemda) dan kampus, melalui program dana hibah Kedaireka tahun 2023. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI), di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), Jakarta Selatan, Senin (30/5/2022).

Program Kedaireka bertujuan untuk mendorong dan meningkatkan sinergi dalam meningkatkan inovasi cipta reka daerah, dengan perguruan tinggi di Indonesia, guna memperluas jangkauan kebermanfaatan pada masyarakat.

Mewakili Ketua APKASI, Bupati Garut, Rudy Gunakan, dalam sambutannya mengatakan, akan berperan maksimal dan bersinergi antara perguruan tinggi dengan dunia kerja, dunia usaha dan dunia industri yang juga menjadi program kerja pemerintah daerah.

“Semoga sumber daya manusia (SDM) ini dapat bermanfaat dalam memajukan daerah,” ujarnya.

Pihaknya berharap, para bupati dapat mengikuti sosialisasi ini, untuk memaksimalkan program dengan sinergi semua kalangan, serta mampu mempercepat pemerataan sumber daya manusia di tanah air.

Sementara itu, perwakilan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI (Mendikbud), dalam sambutannya mengatakan, program prioritas kementerian yaitu ekomomi hijau, ekonomi biru, ekonomi digital, kemandirian kesehatan dan penguatan pariwisata untuk pemulihan ekonomi nasional.

Kata dia, tahun depan para bupati diharapkan dapat bergabung, untuk memanfaatkan anggaran yang telah disiapkan, untuk meningkatkan kerja sama bagi perguruan tinggi yang merupakan salah satu upaya kementerian.

“Diharapkan bantuan dari para bupati dapat berperan, serta dalam program-program Kementerian,” tutupnya. AJI

Pos terkait