FIFGROUP Terus Dukung Industri Otomotif Indonesia Lewat GIIAS 2021

  • Whatsapp
Fif-90446b05

MERCUSUAR – Pergerakan otomotif kembali meningkat seiring dengan perkembangan pertumbuhan signifikan penjualan mobil dan motor sejak Januari hingga September 2021. Hal ini mendorong PT Federal International Finance (FIFGROUP) yang merupakan salah satu anak perusahaan PT Astra International Tbk dan juga bagian dari Astra Financial untuk terus mendukung pemulihan sektor otomotif pasca pandemi.

Adanya penurunan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di beberapa daerah seiring dengan menurunnya penyebaran virus Covid-19 telah memberikan dampak positif terhadap keberlangsungan industri otomotif. Tentu saja pertumbuhan penjualan yang signifikan ini memberikan angin segar bagi prospek sektor otomotif, khususnya kendaraan roda empat dan roda dua.

Berita Terkait

Pilihan Redaksi :  Cambridge University Press Dukung Peningkatan Kualitas Guru

Berdasarkan data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), terjadi lonjakan penjualan mobil di angka 47,4% pada Januari-September 2021 menjadi 600.344 unit dibanding periode yang sama tahun 2020 sebanyak 407.390 unit. Senada dengan hal tersebut, Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI), menyebutkan penyaluran pembiayaan pada periode yang sama untuk kendaraan roda empat meningkat 39,8% menjadi Rp 127,8 triliun dibanding periode yang sama tahun 2020 yang senilai Rp 91,4 triliun.

Di samping itu, untuk industri kendaraan roda dua, data penjualan sepeda motor nasional yang dilansir Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), pada periode Januari-September 2021 mencapai 3,76 juta unit, meningkat 56,8% dibanding periode yang sama tahun 2020 yang berjumlah 2,18 juta unit.

Pilihan Redaksi :  Ribuan Koperasi di Sulteng Tetap Beroperasi

Chief Executive Officer (CEO) FIFGROUP Margono Tanuwijaya saat ditemui awak media pada Kamis, 18 November 2021 di booth Astra Financial GIIAS, ICE BSD City, mengatakan : “Per 2020, berdasarkan data AISI pasar roda dua memang mengalami penurunan sebesar -43,6%, yaitu sebanyak 3.6 juta unit dibanding tahun 2019 yang berhasil mencapai penjualan sebanyak 6,5 juta unit, namun diprediksikan akan mengalami peningkatan sebesar 38,4% di akhir tahun 2021, yaitu sebesar 5,1 juta unit, walaupun memang angka ini belum seperti saat sebelum pandemi pada tahun 2019.”

Lanjut Margono : “Untuk mengatasi hal tersebut, perusahaan telah melakukan beberapa inisiatif, seperti memperkuat project kolaborasi, baik di internal perusahaan maupun dengan ekosistem Astra dan strategic partner melalui integrasi online and offline, virtual exihibition yang melibatkan dealer motor rekanan, join program dan banyak lagi lainnya, sehingga walaupun pasar kendaraan roda dua masih mengalami slowly growth. RES

Baca Juga