Pemprov Kukuhkan 10 TPAKD di Sulteng

  • Whatsapp
TPAKD-5d91f5c3
AnggotaTPAKD yang dikukuhkan Pj Sekprov Sulteng di Gedung Pogombo,Kamis (22/9/2022). Foto: IST

PALU, MERCUSUAR – Gubernur Sulteng melalui Pj Sekretariat Provinsi melakukan pengukuhan 10 Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) yang disaksikan komisioner OJK Pusat. Pengukuhan 10 TPAKD Kabupaten di Sulteng dilaksanakan di Gedung Pogombo kantor gubernur sulteng, Kamis (22/9/2022).

Kepala OJK Provinsi Sulteng, Triyono Raharjo mengatakan 10 TPAKD yang dikukuhkan adalah, TPAKD Kabupaten Donggala, Parigi Moutong, Sigi, Morowali Utara, Morowali, Banggai Laut, Banggai Kepulauan, Poso, Toli-toli, Buol. Sebelumnya sudah terbentuk tiga TPAKD, yaitu TPAKD Provinsi Sulteng, Kota Palu, Banggai.

Triyono mengatakan TPAKD Sulteng mempunyai program unggulan melawan rentenir atau program MELATI (melawan rentenir) dan itu direalisasikan Kabupaten Sigi yang bekerjasama dengan BNI dalam penyaluran KUR nol persen. Selain itu program menabung sejak dini bagi anak usia sekolah dalam program tabungan simpanan pelajar (Simpel). Dan juga program peningkatan inklusi keuangan di sulteng yang mencapai84 persen.

“Kami berharap dengan adanya TPAKD bisa mengakselerasi program edukasi, literasi dan inklusi keuangan di daerah dan bisa menghindarkan masyarakat dari jeratan pinjaman rentenir,” ujarnya. HAI

Baca Juga