Luncurkan Layanan SKCK untuk Disabilitas

  • Whatsapp
Musa

DONGGALA, MERCUSUAR – Satuan Intelkam Polres Donggala melakukan inovasi pelayanan publik Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) khusus masyarakat yang berkebutuhan khusus atau disabilitas.

Inovasi tersebut telah ditinjau langsung langsung oleh team Asrena Mabes Polri pada 15 Agustus 2018 di aula Torabelo, serta mendapat respon positif  dalam peningkatan pelayanan publik.

Berita Terkait

Kasat Intelkam Polres Donggala Iptu Musa S.Sos mengatakan program tersebut tinggal memenuhi kekurangan berupa nota kesepahaman atau MoU dengan pihak Sekolah Luar Biasa (SLB), serta simulasi pelaksanaan pelayanan SKCK bagi masyarakat disabilitas, sekaligus inovasi pengembagan pelayanan SKCK keliling dengan melibatkan Bhabinkamtibmas.

Pilihan Redaksi :  Pemkab Donggala Subsidi Pasar Murah Rp1,1 M 

Menurutnya, dalam kegiatan pelayanan untuk SKCK masyarakat disabilitas menggunakan blangko pertanyaan dengan huruf brail bagi tuna netra, serta panduan pengisian dengan bahasa isyarat dipandu menggunakan laptop bagi yang tuna rungu.

Hal tersebut, kata Musa, dapat berjalan berkat kerjasama dengan pihak SLB Marawola, Kabupaten Sigi, dikuatkan dengan penanda tanganan MoU Kapolres Donggala dan SLB Marawola pada 21 agustus 2018 di ruang Kapolres Donggala.

Selanjutnya, dilakukan simuasi pelayanan masyarakat disabilitas, dimana simulasi itu diperankan langsung masyarakat disabilitas untuk dijadikan bahan laporan. Dijadwalkan ‘launching’ perdana pelaksanaan pelayanan SKCK untuk disabilitas pada 27 Agustus 2018 pukul 10.00  Wita di ruang Ruppatama, dihadiri seluruh pejabat utama Polres, Bupati serta Forkopimda.TIN

Pilihan Redaksi :  Pemkab Donggala Subsidi Pasar Murah Rp1,1 M 

 

Baca Juga