138 PPS Pilkada se-Kota Palu Dilantik

Ketua KPU Kota Palu, Idrus, melantik dan mengambil sumpah 138 PPS se-Kota Palu, Minggu (26/5/2024) di Swiss-Belhotel Silae Palu. FOTO: RESTI ANANDA/MS

SILAE, MERCUSUAR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu telah resmi melantik 138 Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palu 2024. Pelantikan ini dilakukan oleh Ketua KPU Kota Palu, Idrus, Minggu (26/5/2024) di Swiss-Belhotel Silae.

Acara pelantikan ini tidak hanya menandai pengambilan sumpah bagi 138 PPS, tetapi juga mencakup penandatanganan pakta integritas dan bimbingan teknis (bimtek) untuk para PPS yang baru dilantik.

Dalam sambutannya, Idrus menjelaskan, bimtek memiliki tiga tujuan utama, yaitu menyegarkan pengetahuan, pengalaman, dan keterampilan para PPS. 

“Sebanyak 51 persen dari PPS yang dilantik adalah perempuan, mencerminkan partisipasi yang signifikan dari pemilih perempuan dalam Pemilu 2024. Ini menunjukkan kesiapan masyarakat untuk terlibat aktif dalam setiap tahap pemilihan,” ujar Idrus.

Ia menambahkan, tugas PPS tidak hanya sebagai penyelenggara, tetapi juga memiliki peran manajerial dalam bekerja sama. 

“Tugas PPS bukan seperti jam kantor biasa. Kerjasama bisa berlangsung hingga malam bahkan dini hari. Pekerjaan akan bertambah dan berlipat ganda, oleh karena itu PPS harus berbagi tugas dan memilih ketua yang paling siap waktu,” ujarnya.

Idrus juga menekankan pentingnya koordinasi segera setelah bimtek. 

“Setelah bimtek, PPS harus segera melakukan koordinasi dengan seluruh lurah di wilayahnya dan meminta masukan serta tanggapan dari mereka. Sebagai penyelenggara, koordinasi yang baik dengan kelurahan adalah kunci untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” katanya.

Pos terkait