178 Calon Haji Belum Periksa Kesehatan

  • Whatsapp

LERE, MERCUSUAR –  Dari 729 calon haji  asal Kota Palu tahun 2018, baru 551 orang di antaranya   yang datang memeriksakan kesehatannya pada Puskesmas-puskesmas di Kota Palu. Dengan demikian, masih ada 178 orang lagi yang belum memeriksakan kesehatannya.

“Ini menurut data di sistem online kesehatan haji Dinkes Kota Palu sampai tanggal 4 April 2018,” kata Kepala Seksi Haji dan Umrah pada Kantor Kementerian Agama Kota Palu, M Isnaeni, Kamis (5/4/2018).

Berita Terkait

Pilihan Redaksi :  Untad Bersama Pemkab Poso Deklarasikan Sekolah Peternakan Rakyat (SPR) di Pamona Selatan

Sementara itu, dari 729 calon haji  Kota Palu, sampai Kamis  kemarin, baru 553 orang yang menyetor paspor  sebagai  persyaratan penerbitan Visa Haji. Artinya, masih ada 176 orang lagi yang belum menyampaikan paspornya.

Dikatakan, khusus jemaah lanjut usia, sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, pemerintah selalu memberikan perhatian dlm bentuk kesempatan naik haji lebih cepat daripada waktu yang ditentukan.  Dan untuk tahun ini, pemerintah telah mengatur persyaratan  jemaah lansia yang bisa ikut menunaikan ibadah haji. Di antaranya  per tanggal 17 Juli 2018 usia calon haji lansia minimal 75 tahun,  dan telah terdaftar dalam sistem  komputerisasi haji terpadu (Siskohat)  Kemenag sebagai jemaah haji reguler sebelum 1 Januari 2016.

Pilihan Redaksi :  Untad Bersama Pemkab Poso Deklarasikan Sekolah Peternakan Rakyat (SPR) di Pamona Selatan

Calon haji lansia yang minimal berusia 75 tahun tersebut  dapat didamping  satu pendamping. Ketentuannya, calon haji  lansia mendapat rekomendasi atau surat dari dokter  bahwa yang bersangkutan  harus didampingi.   “Dan yang berhak mendampingi hanya suami atau istri, anak kandung atau adik kandung yang juga telah terdaftar dalam Siskohat sebagai jemaah haji reguler sebelum 1 Januari 2016,” tambahnya.

Menyinggung mengenai pelunasan biaya haji 2018, sampai Kamis kemarin,  secara resmi Kementerian Agama Kota Palu belum menerima peraturan  terkait.  Diketahui pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji diteken oleh Presiden.  “Harapan saya sebagai Kasi Haji dan Umrah Kemenag Kota Palu kepada calon haji Kota Palu yang akan diberangkatkan  tahun ini  agar sedikit bersabar semoga satu dua hari ke depan informasi kapan dimulainya pelunasan BPIH telah sampai kepada kita semua,” katanya. DAR

Pilihan Redaksi :  Untad Bersama Pemkab Poso Deklarasikan Sekolah Peternakan Rakyat (SPR) di Pamona Selatan

 

Baca Juga