Halalbihalal di Kelurahan Pengawu, Wali Kota Ingatkan Jaga Generasi Muda Dari Narkoba

Wali Kota Palu hadiri halalbihalal di Kelurahan Pengawu, Jumat (10/5/2024). FOTO: HUMAS PEMKOT PALU

PENGAWU, MERCUSUAR – Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid, menghadiri halalbihalal 1445 H bersama masyarakat Kelurahan Pengawu, Jumat (10/5/2024). Halalbihalal yang dilaksanakan kali ini, mengangkat tema “Dengan Halalbihalal Sucikan Hati dengan Silaturahmi di Era Perkembangan Teknologi yang Canggih Saat Ini.”

Melalui momentum halalbihalal tersebut, wali kota menyampaikan ucapan mohon maaf lahir dan batin atas nama Pemerintah Kota Palu kepada masyarakat. Menurut wali kota, halalbihalal yang dilaksanakan sebenarnya bukan hanya bagian dari tradisi, namun sesungguhnya memenuhi perintah Allah SWT.

“Ini merupakan wujud kalau orang bisa mengontrol dirinya, maka dia jadi orang yang memaafkan. Jadi Puasa itu akan menghasilkan orang yang mau mengontrol dirinya untuk menahan amarahnya, jengkelnya, sehingga menghasilkan orang yang mau memaafkan,” kata wali kota.

Wali kota menjelaskan, Pemerintah Kota Palu telah menerapkan penguatan iman dan takwa (imtaq) di sekolah-sekolah di bawah naungan Pemerintah Kota Palu, setiap hari Jumat pekan berjalan.

“Hari Jumat itu sebagai penguatan imtaq. mereka full belajar agama. Hari jumat kita usahakan menjadi pesantren kilat, sehingga ketika anak-anak sudah masuk fase SMA, maka sudah memiliki bekal,” ujar wali kota.

Namun demikian, lanjut wali kota, itu tidaklah cukup. Perlu pengawasan dari para orang tua. Karena hal itu menjadi tanggungjawab bersama untuk mengatasinya.

Kemudian Pemerintah Kota Palu juga telah mengirim beberapa guru mengaji ke setiap kelurahan, sehingga anak-anak Kota Palu mendapatkan pelajaran agama.

Momen halalbihalal kali ini kata wali kota, menjadi konsen bersama, bagaimana masyarakat dan pemerintahnya menjaga Kecamatan Tatanga, khususnya Kelurahan Pengawu dari penyalahgunaan narkoba.

Pos terkait