Kadis Pendidikan Ikuti Lomba Masak

  • Whatsapp

PALU, MERCUSUAR – Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2018, Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Sulawesi Tengah, menggelar lomba memasak. Menariknya, pada lomba memasak tersebut, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Sulteng, Irwan Lahace dan Kepala Disdikbud Kota Palu, Ansyar Sutiadi, serta Kepala LPMP, Balai Bahasa dan BP Paud Dikmas turut menjadi peserta.

Masing – masing peserta didampingi oleh pasangan perempuan atau istri dari para peserta laki-laki, kecuali peserta dari Balai Bahasa yang keduanya perempuan. Kadis Pendidikan Kota Palu didampingi oleh sang istri, sementara Kadis Dikbud Sulteng didampingi oleh Kabid PKPLK dan Ketua LPMP didampingi oleh istrinya.

Pilihan Redaksi :  Untad Bersama Pemkab Poso Deklarasikan Sekolah Peternakan Rakyat (SPR) di Pamona Selatan

Berita Terkait

Persaingan dalam lomba memasak cukup seru, dikarenakan yang mengikuti perlombaan adalah para pimpinan atau petinggi dunia pendidikan di Sulteng.

Peserta lomba memasak diberi tantangan untuk memasak nasi goreng, sesuai kreasi mereka masing-masing. Dari pantauan Mercusuar, yang lebih dahulu selesai memasak adalah Kepala Dikbud Sulteng bersama pasangannya, Kabid PKLK. Keseruan dalam perlombaan terlihat, ketika Kadis Pendidikan Kota dan Provinsi saling bercanda saat memasak.

Kepala Dikbud Sulteng, Irwan Lahace, mengaku sangat mengapresiasi pelaksanaan kegiatan tersebut.

Pilihan Redaksi :  Untad Bersama Pemkab Poso Deklarasikan Sekolah Peternakan Rakyat (SPR) di Pamona Selatan

“Salah satu yang dikembangkan, bahkan memang sudah mendunia saat ini adalah wisata kuliner, maka saya menganggap lomba memasak ini adalah salah satu wujud pengejahwantahan prinsip industri kreatif. Untuk itu, SMK yang ada kaitanya dengan jurusan tata boga, itulah yang menjadi prioritas saat ini, karena sasaran pasarnya sangat jelas,” ujarnya, Jumat (27/4/2018).

Bahkan kata Irwan, jika di Yogyakarta semua pedagang kaki lima adalah para anak muda, mereka membuka warung yang memang mengundang para wisatawan berkunjung, untuk menikmati sajian kuliner yang disajikan.

“Olehnya itu saya sangat mengapresiasi pelaksanaan lomba ini, apalagi sesuai tema Hardiknas tahun ini, yakni ‘Menguatkan Pendidikan dan Memajukan Kebudayaan’, saya kira tema ini sangat tepat sekali, di dalam pelaksanaan Hardiknas,” katanya.

Pilihan Redaksi :  Untad Bersama Pemkab Poso Deklarasikan Sekolah Peternakan Rakyat (SPR) di Pamona Selatan

Di sisi lain, Irwan juga mengatakan, peringatan upacara Hardiknas Provinsi Sulteng tahun ini, dipusatkan di Parigi Moutong, yang digelar pada 2 Mei mendatang.

“Dalam memperingati Hardiknas, banyak lomba kita laksanakan, misalnya tadi ada kegiatan voli, badminton, serta pertandingan olahraga dan seni lainya. Olehnya saya menghimbau, mari kita sama-sama memajukan pendidikan di Indonesia, khususnya di Sulteng, dengan menguatkan pendidikan dan memajukan kebudayaan,” ujarnya.

Tujuan dari perlombaan ini sendiri kata Irwan, adalah untuk menjalin kerbersamaan dan persaudaraan antara unsur pendidikan di Kota Palu maupun di Sulteng. UTM

Baca Juga