Kedutaan Besar Inggris Bersama Lapor Covid-19,Kembangkan Layanan Kesehatan Virtual RSR di Sulteng

  • Whatsapp
RSR-f8b99c38
FOTO: Kedutaan besar Inggris Jakarta melalui program akses digital bersama mitra lokal, lapor Covid-19 dan mitra komunitas Palu, Roa jaga roa mengenakan layanan kesehatan virtual RSR melalui konferensi pers, Rabu (24/8/2022) di salah satu hotel di Palu. FOTO : KARTINI NAINGGOLAN/MS

PALU, MERCUSUAR – Kedutaan besar Inggris Jakarta melalui program akses digital bersama mitra lokal, lapor Covid-19 dan mitra komunitas Palu, Roa jaga roa mengenakan layanan kesehatan virtual Rumah Sehat Rakyat (RSR), Rabu (24/8/2022) di salah satu hotel di Palu.

RSR bertujuan untuk mengurangi tekanan pada layanan kesehatan dengan menggunakan teknologi yang menyediakan akses virtual kepada masyarakat lokal, guna menjangkau layanan dokter dan tenaga kesehatan profesional lainnya.

Berita Terkait

RSR mendukung penyediaan layanan konsultasi kesehatan fisik dan mental kepada masyarakat yang paling terkena dampak penyakit menular, perubahan iklim dan bencana alam.

Pilihan Redaksi :  Personel Satpol PP Minta Kabid Trantibum Dipindahkan

Rapat koordinasi telah dilakukan dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah dan Pemerintah Kota Palu untuk membahas langkah-langkah meningkatkan cakupan jangkauan proyek dalam menyediakan telehealth untuk kelompok marjinal.

RSR mengadopsi intervensi telehealth untuk menawarkan berbagai layanan promosi, pencegahan, dan kesehatan masyarakat kuratif.

Melalui telehealth, RSR menyediakan dua layanan utama. Layanan yang pertama adalah Edukasi Kesehatan Masyarakat (Community Health Education/CHE) dan Edukasi Kesehatan Mental Masyarakat (Community Mental Health Education/CMHE) di wilayah yang ditargetkan, mencakup dukungan sosial dan hukum, serta intervensi perubahan perilaku.

Hal ini bertujuan meningkatkan literasi kesehatan dan mencegah penyebaran penyakit menular seperti Covid-19 di kalangan masyarakat dan masalah kesehatan mental terutama pada kelompok marjinal di area-area yang ditargetkan. Layanan kedua adalah konsultasi kesehatan virtual secara rutin.

Pilihan Redaksi :  Penurunan Stunting, Kepala BKKBN Ajak Seluruh Komponen Bergerak Cepat 

RSR juga memberikan kesempatan kepada mitra komunitas di Palu, Roa Jaga Roa dan komunitas lainnya untuk lebih aktif terlibat dalam diseminasi materi edukasi tentang kesehatan fisik dan mental kepada masyarakat luas.

Sejauh ini, Roa Jaga Roa telah menjalin komunikasi dengan pemerintah daerah dan pejabat rumah sakit tentang implementasi RSR, serta untuk mempromosikan melalui televisi, radio, dan media sosial.

Selain itu, pelibatan Roa Jaga Roa juga dimaksudkan untuk menjalankan kampanye di beberapa sekolah yang ditargetkan dan lembaga pendidikan lainnya.

Layanan RSR bersifat gratis. Bagi mereka yang terdaftar menjadi pengguna RSR akan ada kunjungan virtual rutin oleh para tenaga kesehatan profesional untuk memeriksa dan mengamati kondisi kesehatan mereka.

Pilihan Redaksi :  Hadianto Hadiri Doa Bersama untuk Peristiwa Kanjuruhan

Namun, tim RSR tidak menyediakan peralatan kesehatan dalam layanan kesehatan virtual ini. Sebaliknya, sistem RSR memungkinkan dokter dan individu untuk memasukkan data kondisi kesehatan dasar ke dalam sistem. Kemudian memberikan penilaian individu yang mencerminkan kondisi kesehatan pasien.

Baca Juga