Kekayaan Intelektual Expo 2024, 3 Produk Indikasi Geografis Sulteng Akan Dipamerkan

Hermansyah Siregar

JAKARTA, MERCUSUAR – Tiga produk unggulan dari Sulawesi Tengah (Sulteng) yang telah mendapatkan sertifikat Indikasi Geografis (IG) akan dipamerkan dalam Kekayaan Intelektual Expo 2024 yang akan diselenggarakan di Hotel Shangri-La, Jakarta pada tanggal 12-14 Juni 2024.

Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Tengah (Kakanwil Kemenkumham Sulteng), Hermansyah Siregar, dalam keterangannya, Minggu, (9/6/2024).

“Di samping ada beberapa produk dari para Pelaku Usaha di Sulteng, kita akan membawa 3 produk unggulan yang telah terdaftar pada Indikasi Geografis, ini jadi upaya kita agar lebih mengenalkan produk khas kita ketingkat nasional bahkan internasional,” kata Hermansyah Siregar.

Adapun, ketiga produk tersebut adalah Ikan Sidat Marmorata dari Kabupaten Poso, Tenun Nambo dari Kabupaten Banggai, serta Tenun Ikat Donggala dari Kabupaten Donggala.

Hermansyah mengatakan, pameran tersebut akan diikuti oleh peserta dari berbagai daerah di Indonesia dan luar negeri, termasuk Uni Eropa. 

Hal ini, juga menjadi komitmennya bersama seluruh jajaran Kanwil Kemenkumham Sulteng serta Pemerintah Provinsi Sulteng, untuk mempromosikan produk-produk unggulannya kepada pasar yang lebih luas.

“Kami berharap dengan keikutsertaan dalam pameran ini, produk-produk IG Sulteng dapat dikenal lebih luas dan diminati oleh pasar internasional,” ujar Hermansyah Siregar.

Ia menambahkan bahwa Kemenkumham Sulteng akan terus berupaya menggali berbagai potensi IG lainnya yang berada di seluruh wilayah Sulteng. 

Pos terkait