Komunitas Statistik Sumbang Gerobak Sampah

Komunitas Statistik-485464ec
SAMBUTAN - Penasihat komunitas statistik dan juga Kepala BPS Kota Palu, G.A Nasser (kiri) saat memberikan sambutan dalam penyerahan gerobak sampah ke Dinas Kebersihan Kota Palu. Penyerahan ini disaksikan Kepala Dinas Kebersihan Kota Palu, Muhammad Arif (tengah) dan ketua komunitas statistik, Mohammad Rivani di Lapangan Vatulemo, Jumat (30/9/2022). Foto: Khairudin/MS

TANAMODINDI, MERCUSUAR – Komunitas statistik turut berkontribusi dalam pencanangan program ‘Palu Bersih’ dengan menghibahkan delapan gerobak pengangkut sampah kepada Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup Kota Palu.

Ketua komunitas statistik, Mohammad Rivani mengatakan komunitas ini dibentuk secara positif untuk mensosialisasikan statistik di tengah masyarakat. Statistik tidak hanya berbicara tentang angka tetapi berkontribusi pada pengumpulan data. Oleh karena itu, pihaknya turut berpartisipasi dalam program Kota Palu untuk meraih adipura 2023.

“Kami berinisiatif dalam mendukung program palu adipura dengan memberikan gerobak sampah yang berasal dari sumbangan komunitas statistik dan para mitra. Diharapkan gerobak sampah ini akan diduplikasi pemangku kepentingan di daerah lain di Sulteng,” ungkapnya disela penyerahan gerobak sampah di lapangan vatulemo, Jumat (30/9/2022).

Penasihat komunitas statistik, G.A Nasser mengatakan perayaan hari statistik yang diperingati setiap tanggal 26 september telah dirayakan secara internal BPS, dan secara eksternal diselenggarakan dengan menyerahkan bantuan gerobak sampah ini sebagai pendorong dan motivasi masyarakat dalam menjaga kebersihan.

“Dukungan BPS melalui komunitas statistic memberikan kontribusi kecil dalam perbaikan lingkungan dengan menyerahkan gerobak sampah untuk membantu dalam program kebersihan karena produksi sampah di Kota Palu mencapai 100 ton per hari,” tutur G. A Nasser yang juga menjabat sebagai Kepala BPS Kota Palu.

Kepala Dinas Kebersihan dan Lingkungan Kota Palu, Muhammad Arif merasa terharu dengan kepedulian dari komunitas statistic dalam masalah persampahan di Kota Palu. Dimana persoalan persampahan tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah dalam hal ini dinas kebersihan tetapi peran masyarakat untuk terus menjaga lingkungan menjadi hal penting dalam mewujudkan palu sebagai kota yang bersih. HAI

Pos terkait