Konsumen Percaya Ekonomi Tumbuh

  • Whatsapp

PALU, MERCUSUAR – Kinerja ekonomi Sulteng merujuk pada persepsi konsumen yang dihimpun Badan Pusat Statistik (BPS) dalam Indeks Tendensi Konsumen (ITK) sepanjang triwulan I-2018 tercatat 100,83.

Kepala BPS Sulteng, Faizal Anwar menjelaskan ITK adalah indikator perkembangan ekonomi terkini yang dihasilkan oleh BPS melalui Survei Tendensi Konsumen (STK). ITK merupakan indeks yang menggambarkan optimisme ekonomi konsumen melalui pengeluaran konsumsi dan tabungan pada triwulan berjalan dan perkiraan pada triwulan mendatang.

Berita Terkait

Pilihan Redaksi :  Tombolotutu, Pahlawan Milik Rakyat Sulteng

“Sampel STK di Sulteng pada triwulan I-2018 berjumlah 160 rumah tangga. Rumah tangga terpilih merupakan sub-sampel dari Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) khusus daerah perkotaan,” urainya dalam rilis yang diterima Mercusuar, Senin (7/5/2018).

Peningkatan ekonomi konsumen pada triwulan I – 2018 ini terutama didorong oleh komponen indeks pengaruh inflasi terhadap konsumsi yang sebesar 107,78 dan indeks volume konsumsi yang sebesar 101,00. Sementara itu, dari sisi pendapatan rumah tangga justru mengalami penurunan dengan nilai indeks yang sebesar 97,06. HAI

 

Baca Juga