Palu Raih Penghargaan Yokatta Wonderful

  • Whatsapp
TERIMA PENGHARGAAN - Menteri Pariwisata RI, Arief Yahya saat menyerahkan penghargaan Yokatta Wonderful kepada Wali Kota, Hidayat. FOTO: HUMAS Pemkot Palu

TANAMODINDI, MERCUSUAR–  Kota Palu dinobatkan sebagai kota terbaik di Sulawesi Tengah pada Penganugerahan Yokatta Wonderful Indonesia Tourism Awards 2018 yang digelar di Jakarta, Jumat (20/7/2018).

Menteri Pariwisata RI, Arief Yahya dalam kiriman rilisnya, menyampaikan kota yang memiliki pesona alam empat dimensi yakni teluk, sungai, bukit, dan gunung tersebut dinilai lebih unggul dari 12 kabupaten lainnya yang ada di provinsi Sulawesi Tengah. Keunggulan tersebut terletak pada empat indikator yang menjadi penilaian yakni pertama, kinerja usaha pariwisata, (akomodasi dan makan minum), PDRB dan tenaga kerja serta dampak/outcome (Data Statistik BPS) dengan bobot 40 persen.

Berita Terkait

Pilihan Redaksi :  Jumlah Perkara Tipikor 2021 Naik

Kedua, Indeks Pariwisata Indonesia (daya sain 30 persen), ketiga, Indonesia Attractiveness Award (dimensi pariwisata 15 persen) dan keempat, penghargaan international dan nasional (Kementerian/Lembaga) 15 persen.

Sebagaimana diketahui, Pemerintah Kota Palu di masa kepemimpinan Wali Kota, Drs. Hidayat, M.Si dan Wakil Wali Kota, Sigit Purnomo Said terus konsen mengembangkan kepariwisataan yang ada di daerah tersebut.

Salah satunya yakni dengan mengadakan Festival Pesona Palu Nomoni (FPPN) yang menjadi iven tahunan dan telah masuk dalam kalender nasional atau Calendar of Event (CoE) Kementerian Pariwisata RI.

Penghargaan Yokatta ini diserahkan langsung oleh Menteri Pariwisata, Arief Yahya kepada Wali Kota Hidayat. Dalam hal ini, Menpar didampingi Pimpinan Umum Yokatta News, Yong Keng Hoat.

Pilihan Redaksi :  Pemkot akan Revitalisasi Palu Plaza

“Ini dapat dijadikan sebagai tolak ukur atau kalibrasi bahwa para pemenang dalam ajang ini adalah kabupaten/kota yang berkomitmen menerapkan program pembangunan pariwisata berkelanjutan dalam mengembangkan pariwisata di daerahnya,” katanya.

Wali Kota Palu, Hidayat, M.Si sebagai  kepala daerah yang memiliki komitmen inovasi, kreasi, performansi dan leaderhip dalam pengembangan periwisata daerah menuju pencapaian target 20 juta kunjungan wisata mancanegara tahun 2019.

Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi bagi pemerintah kabupaten/kota dengan berpedoman pada indikator, kinerja usaha pariwisata, indeks daya saing pariwisata Indonesia, Indonesia Attrativeness Award dimensi pariwisata dan penghargaan internasional dan nasional. Penghargaan ini diserahkan oleh Staf Ahli Bidang Aparatur dan Pelayanan Publik Kementerian Dalam Negeri RI, Bpk. DR. Reydonnyzar Moenek, M.Dev.

Pilihan Redaksi :  DPRD Sulteng Akan Telaah Laporan BPK

Dalam penghargaan ini terdapat 134 kabupaten/kota terbaik di bidang pariwisata di Indonesia termasuk Kota Palu. Dan dari jumlah tersebut dipilih top-10 kota terbaik, top-10 kabupaten terbaik, dan top-1 dari masing-masing provinsi di Indonesia. ABS

Baca Juga