TANAMODINDI, MERCUSUAR – Menyelesaikan permasalahan perkotaan yang berkaitan dengan pemanfaatan pelayanan publik daring atau online, Pemerintah Kota (Pemkot) Palu saat ini sudah memiliki website laporwalikotapalu.palukota.go.id yang disediakan agar masyarakat dapat menyampaikan langsung harapan dan keinginannya. Total aduan yang masuk sejak sejak diluncurkan sebanyak 1.311 aduan, rata-rata aduan per bulan sebanyak 164 aduan dan per harinya ada sekitar lima aduan.
“Saya berharap aduan ini lebih banyak lagi,”papar Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid, saat menghadiri kegiatan Diseminasi Pemanfaatan Aplikasi Pelayanan Publik Online pada Kamis, (11/11/2021) di ruang Command Center Kota Palu.
Kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Palu tersebut sebagai sarana komunikasi aktif antara Pemerintah Kota Palu dengan masyarakat.
“Kita ingin membuka komunikasi yang baik di lingkup Pemerintah terkhusus kepada seluruh masyarakat,”ujar wali kota.
Menurutnya, pelaksanaan diseminasi kali ini sangat besar manfaatnya, karena masyarakat akan mendapatkan informasi terkait dengan pemanfaatan layanan yang disediakan pemerintah maupun sebagai ruang penyampaian keinginan dan harapan masyarakat kepada pemerintah.
“Ini juga sangat membantu pemerintah dalam melakukan upaya-upaya percepatan menindaklanjuti keinginan dan harapan masyarakat.InsyaAllah tahun depan aplikasi tersebut juga sudah mengalami peningkatan seiring dengan penerapan smart city di Kota Palu,” katanya.
Pemanfaatan kanal aduan tersebut bisa menjadi parameter untuk melihat sejauh apa kecepatan pemerintah dalam merespon keinginan masyarakat. Selain itu juga, kata Hadianto bisa menjadi parameter pemerintah untuk mengukur kerja-kerja dari pihak kelurahan, kecamatan, maupun seluruh OPD di lingkup Pemerintah Kota Palu. ABS/*