PKB Kembali Raih Tiga Kursi di DPRD Kota Palu

  • Whatsapp

TANAMODINDI, MERCUSUAR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu memulai Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Perhitungan Perolehan Suara Peserta Pemilu Tahun 2024 Tingkat Kota Palu. Hingga Senin (4/3/2024) malam, KPU telah menyelesaikan rekapitulasi suara Presiden/Wakil Presiden, DPD, DPR RI, DPRD Provinsi Sulteng dan DPRD Kota Palu.

Berdasarkan data MODEL D HASIL KECAMATAN-KABKO yang telah ditandatangani oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) beserta saksi partai politik, di delapan kecamatan atau empat Daerah Pemilihan (Dapil) Kota Palu, telah diperoleh suara calon legislatif (caleg) sekaligus suara partai politik.

Dari data tersebut dipastikan, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) kembali meraih tiga kursi di DPRD Kota Palu. Ketiganya adalah caleg berstatus petahana.

Dari Dapil Kota Palu 3 yang meliputi Kecamatan Palu Selatan – Tatanga, PKB dipastikan meraih kursi ke-6 dari 12 kursi yang diperebutkan, dengan total perolehan suara partai sebanyak 5.170 suara. Kursi tersebut diisi oleh Andris yang mendulang 1.612 suara.

Kemudian di Dapil Kota Palu 4, yang meliputi Kecamatan Palu Barat – Ulujadi, dipastikan PKB meraih kursi ke 7 dari 8 kursi yang diperebutkan, dengan total perolehan suara partai mencapai 2.990 suara. Kursi tersebut diisi oleh H. Nasir Dg Gani yang mendulang 948 suara.

Selanjutnya di Dapil Kota Palu 1 yang meliputi Kecamatan Mantikulore – Palu Timur, berdasarkan Pleno tingkat kecamatan, Sabtu (2/3/2024) dini hari, PKB juga dipastikan mengunci kursi ke 10 dari 11 kursi yang diperebutkan, dengan total perolehan suara partai sebanyak 3.115 suara. Kursi tersebut diisi oleh H. Nanang yang mendulang 1.573 suara.

Data yang ditetapkan oleh penyelenggara ini, berbanding lurus dengan data tabulasi yang dilakukan internal PKB. Hanya saja, PKB masih menutup data tabulasi tersebut, hingga hasil Pemilu diumumkan oleh pihak terkait (KPU).

“Data tabulasi kami (PKB) sama dengan yang diumumkan KPU, berdasarkan data Model D Hasil Kecamatan – Kabko di Dapil 2, 3 dan 4. Alhamdulillah Dapil 1 yang dibacakan di tingkat kecamatan malam ini juga sama,” tegas Direktur Lembaga Saksi Pemenangan (LSP) PKB Kota Palu, Moh. Yamin, usai Pleno Kecamatan Mantikulore. RES

Baca Juga