Prof. Basir: Kepemimpinan Ditentukan Oleh Kualitas Pribadi Pemimpin

  • Whatsapp
KEPEMIMPINAN-434d3159
FOTO: Ketua Senat Universitas Tadulako (Untad), Prof. Dr. Muh. Basir, SE., MS, saat menerima cendera mata dari Dekan FKIP bidang Kemahasiswaan, Dr. Iskandar, M.Hum. FOTO: JEFRI/MS

PALU, MERCUSUAR – Kepemimpinan seorang pemimpin atau calon pemimpin, ditentukan oleh kualitas pribadinya. Kualitas pribadi ini mencakup empat hal, yakni memahami apa yang diucapkan, tepat mengambil keputusan, visioner, serta berintegritas.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Senat Universitas Tadulako (Untad), Prof. Dr. Muh. Basir, SE., MS, saat menjadi salah seorang narasumber, pada Seminar Nasional Kepemimpinan yang dilaksanakan Himpunan Mahasiswa Kimia (Himaski) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Senin (15/11/2021), bertempat di Ballroom Palu Golden Hotel. Pada seminar tersebut, Prof. Basir memaparkan materi mengenai Determinasi Derajat Kepemimpinan Ditilik dari Aspek Kekokohan Mental.

Berita Terkait

Pilihan Redaksi :  Lurah Tegur Sejumlah Pelaku Usaha 

Menurut mantan Rektor Untad selama dua periode ini, seorang pemimpin atau calon pemimpin, harus memiliki kapasitas personal, yang diraih dengan belajar dan beradaptasi dengan lingkungannya. Kata dia, ada 12 kapasitas personal yang harus dimiliki seorang pemimpin atau calon pemimpin, yakni inspirasi dan motivasi, komunikasi yang jelas, strategi jitu, berintegritas, rekognisi, teladan, mendukung-mendorong, visioner berkeputusan, kreatif, memiliki tujuan jelas, fokus ke tim, serta memiliki harapan yang besar.

Lanjut Prof. Basir, nilai-nilai kepemimpinan dari seorang pemimpin atau calon pemimpin, tergambar dari kompetensi kapasitas dan kapabilitasnya. Menurutnya, ada lima hal yang dapat menjadi perisai bagi seorang pemimpin atau calon pemimpin dalam menghadapi ujian hidup, yakni kokoh, tegar, tenang, tangkas dan tawakal.

Pilihan Redaksi :  Pusbang MBKM Untad Gelar FGD, Bahas MK Pilihan Dunia Usaha, Industri dan Pemerintah

Seminar nasional ini dihadiri oleh segenap unsur pimpinan FKIP Untad, para Ketua Jurusan dan Koordinator Program Studi di lingkup FKIP Untad, pengurus lembaga kemahasiswaan di lingkup FKIP Untad, pengurus lembaga kemahasiswaan dari perguruan tinggi lainnya di Kota Palu, serta mahasiswa Program Pertukaran Mahasiswa Dalam Negeri (PPMDN) dari sejumlah perguruan tinggi di Indonesia, seperti Universitas Negeri Medan, Universitas Negeri Padang, Universitas Sebelas Maret, Universitas Siliwangi, serta Universitas Muhammadiyah Bengkulu. 

Seminar nasional kepemimpinan ini sendiri, menghadirkan tiga narasumber, yakni Ketua Senat Untad, Prof. Dr. Muh. Basir, SE., MS, Ketua II STT IKAT Jakarta, Dr. Donna Sampaleng, M.Pd.K., D.Th, serta Pembina Himaski FKIP Untad, Dr. Kasmudin Mustapa, S.Pd., M.Pd. JEF

Baca Juga