Rektor Lepas Mahasiswa PMM Angkatan IV Inbound Untad 2024

MERCUSUAR – Setelah empat bulan melaksanakan program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) di Universitas Tadulako (Untad), mahasiswa PMM Angkatan IV Inbound Untad Tahun 2024, Selasa (28/5/2024), dilepas langsung oleh Rektor Untad Prof. Dr. Ir. Amar, ST., MT., IPU., ASEAN Eng, pada acara perpisahan yang digelar di Hotel Best Western Plus Coco Palu.

Kepala Pusat MBKM Untad, Prof. Drs. Anang WM Diah, M.Si., Ph.D, dalam sambutannya, mengapresiasi mahasiswa yang telah menyelesaikan PMM ini hingga akhir.

“PMM saat ini telah berjalan selama 4 tahun atas arahan Mendikburistek. Di Untad, tahun 2024 diharapkan, MBKM sudah menjadi hal yang berjalan normal sejak dilakukan pertama kali. Berdasarkan data tracer study, 87 persen menyatakan MBKM mempercepat kelulusan mereka, 97 persen menambah skill dan 97 persen merasa, MBKM membuat mereka siap untuk masuk dunia kerja. PMM diharapkan dapat memberikan pengalaman akademik dan kebhinekaan yang penuh kesan. Kebanggaan tersendiri bagi kami di Untad, menjadi host tahun ini untuk program PMM – MBKM. Kalian telah di Kota Palu sejak 4 bulan lalu dan telah merasakan berbagai keragaman dan budaya di sini selama belajar. Semoga memberikan pengalaman yang berharga dan penuh makna,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Nurul Isnaini Mudrikah, S.Kom selaku Supervisor Program PMM – MBKM, berharap agar peserta PMM angkatan IV tahun ini, mendapat pengalaman berharga dalam mempelajari keragaman dan kebhinekaan Indonesia.

“PMM ini diluncurkan dengan tujuan memberikan pengalaman dan wadah untuk tidak hanya berkuliah di kelas, melainkan merasakan langsung keberagaman dan kebhinekaan di Indonesia. Momen ini menjadi kesempatan para peserta yang berasal dari berbagai daerah/perguruan tinggi di Indonesia, untuk bertukar budaya dan pengalaman satu sama lain. Tentu momen ini menjadi hal berharga, yang diharapkan menjadi modal peserta ke depan, setelah lulus dari perguruan tinggi nantinya. Sudah satu semester di Untad tentu sangat berkesan. Meski pengalaman ini hanya sementara, harapannya dapat bermakna selamanya,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Rektor Untad, Prof. Dr. Ir. Amar, ST., MT., IPU., ASEAN Eng, berpesan agar pengalaman dan kenangan selama di Untad, dapat mengasah soft dan hardskill para peserta PMM di Untad.

“Peserta PMM kali ini berasal dari 34 perguruan tinggi di Indonesia. Saya meyakini, mahasiswa yang pernah mengikuti PMM, memiliki nilai tambah, karena telah memiliki pengalaman serta adaptasi selama di Kota Palu. Tentu pengalaman ini akan membentuk anda menjadi pribadi yang lebih tangguh dengan nilai positif yang lebih baik. PMM sangat mengasah softskill dan hardskill anda, sehingga saya optimis, ke depan anda akan menjadi alumni yang lebih berprestasi. Sampaikan salam kami dari Untad untuk almamater anda sekalian,” ujarnya.

Acara ini juga dimeriahkan dengan peragaan baju adat para peserta, dance perfomance serta penampilan kebhinekaan lainnya. */JEF

Pos terkait