SDN Inpres 3 Birobuli,Implementasi P5 Dengan Tema Gaya Hidup Berkelanjutan

  • Whatsapp
FOTO BERSAMA - Kepala SDN Inpres 3 Birobuli, Arham berfoto bersama guru, Selasa (22/11/2022). FOTO: Elsa Nainggolan/MS

BIROBULI SELATAN, MERCUSUAR – SDN Inpres 3 Birobuli mengambil dua tema dalam implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yakni gaya hidup berkelanjutan dan kewirausahaan.

Kepala SDN Inpres 3 Birobuli, Arham S.pd, M.pd saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (22/11/2022) mengatakan, untuk tema Gaya Hidup Berkelanjutan dilaksanakan sejak Juli  sampai Desember 2022, kemudian tema kedua kewirausahaan yang akan dilaksanakan pada Januari sampai Juni.

Dia menjelaskan, implementasi tema gaya hidup berkelanjutan, pihaknya mengajarkan bagaimana mengolah sampah, manfaat sampah itu apa, dampak sampah itu, jadi dari sampah itu para murid bisa memahami bagaimana proses mengolah sampah.

“Bukan berarti mengolah sampah harus jadi produk tetapi dia sudah memahami proses pengolahan sampah tersebut. Pelaksanaan p5 berjalan dengan lancar karena adanya kolaborasi dengan seluruh guru dan serta elemen masyarakat,”jelasnya. 

Menurutnya, sekolah tersebut juga meruakan sekolah penggerak angkatan dua, dan ini sudah dilaksanakan mulai tahun ajaran baru dan dilaksanakan dua fase, fase A itu kelas satu dan dua, fase B tiga dan empat namun yang dilaksanakan masih kelas satu dan empat untuk kurikulum merdeka karena sistim fase. 

“Untuk didalam kurikulum merdeka itu ada tiga item, yang pertama dokumen satu kurikulumnya, dokumen dua silabusnya yang diganti sekarang derngan alur tujuan pembelajaran,dan dokumen tiga profil pelajar Pancasila,” kata Arham. 

Dia berharap, kedepannya pelaksanaan kurikulum merdeka dan P5 dapat betul-betul terlaksana dengan baik dan sekolah ini menjadi sekolah piloting untuk kurikulum merdeka. CR1

Baca Juga