STMIK AGP Beri Pelatihan IT SMPN 19 Sigi

  • Whatsapp
STMIK AGP

PALU, MERCUSUAR – Sejumlah Dosen Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Adhi Guna Palu, memberikan pelatihan Teknologi Informasi (IT), khususnya aplikasi perkantoran, kepada sejumlah guru SMPN 19 Sigi. Hal ini sebagai upaya peningkatan keterampilan guru dalam proses pembelajaran di Laboratoium Komputer SMPN 19 Sigi.

Ketua STMIK Adhi Guna Palu, Mus Aidah mengatakan, pelatihan ini bertujuan agar guru SMPN 19 Sigi bisa menguasi IT, khususnya penguasaan aplikasi perkantoran, mulai dari Word, Excel, hingga Power Point, sehingga guru dalam membuat perangkat pembelajaran kepada siswanya, sudah mampu memanfaatkan komputer.

Berita Terkait

Pilihan Redaksi :  Spesialis Pembongkar Sadel Motor Dibekuk

“Kami dalam memberikan materi kepada guru-guru, dengan cara yang mudah dan simpel, sehingga guru nantinya bisa praktek sendiri. Misal aplikasi word, selama ini hanya bisa untuk mengetik saja, setelah pelatihan mereka sudah bisa memanfaatkan fitur-fitur yang ada di Word, misal membuat password dokumen, memuat halaman secara otomatis, hingga perhitungan di tabel,” kata salah seorang instruktur, Anwar S Panyili, Sabtu (15/9/2018).

Menurut Anwar S. Panyili, dalam pelatihan Excel, guru sangat serius sekali, karena selama ini pengolahan data nilai masih manual. Setelah pelatihan, para guru sudah bisa mengolah nilai menggunakan Excel, bagaimana membuat rangking, penjumlahan, hingga rata-rata nilai secara otomatis.

Anwar S Panyili menambahkan, setelah pelatihan ini, para guru bisa memanfaatkan IT secara maksimal, mulai untuk menyiapkan perangkat pembelajaran sampai mengolah nilai, sehingga pekerjaannya bisa cepat terselesaikan, sekaligus bisa menularkan ilmunya kepada siswanya.

Pilihan Redaksi :  Masyarakat Diminta Petuhi Prokes, Gubernur: Kita Bersama Bantu Bangsa dan Negara

Sementara itu Kepala SMPN 19 Sigi, Yuli Irdananto, sangat mengapresiasi para dosen STMIK Adhi Guna, yang telah memberikan pelatihan kepada guru SMPN 19 Sigi. Selama ini kata dia, belum pernah ada pelatihan seperti ini, sehingga menurutnya, pelatihan ini memberikan energi yang luar biasa bagi guru-guru di sekolah tersebut, untuk bisa menggunakan IT dalam membantu aktivitas sebagai guru.

“Berbagai upaya telah kami lakukan untuk meningkatkan prestasi SMPN 19 Palu, di antaranya mengikuti berbagai lomba, mengaktifkan ekstrakulikuler kepramukaan, dan untuk guru, mendapatkan pelatihan apikasi perkantoran. Semoga kegiatan ini kedepan bisa dilanjutkan,” kata Yuli Irdananto. UTM

Baca Juga