UIN Datokarama Gelar Seminar Bagi Maba  

  • Whatsapp
UIN Maba-dbc57147
SAMBUTAN- Dekan Fakultas Syariah, Dr Ubay Harun saat memberikan sambutan pada pembukaan Seminar dalam rangkaian Maba, Kamis (1/9/2022). FOTO: DOK HUMAS

LERE, MERCUSUAR – Fakultas Syariah, Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu melaksanakan kegiatan seminar dalam rangkaian penerimaan mahasiswa baru (Maba) tahun ajaran 2022-2023 di aula kampus setempat.

Dekan Fakultas Syariah, Dr Ubay Harun, mengatakan, pelaksanaan penerimaan Maba yang bersamaan dengan seminar ini merupakan yang pertama kali di UIN Datokarama Palu.

Berita Terkait

“Biasanya kalau penerimaan mahasiswa baru hanya penerimaan saja, namun hari ini dirangkai dengan seminar, apalagi yang menghadirkan narasumber ini pernah menjadi Warek Bidang Kemahasiswaan di UIN Makassar,”katanya, Kamis (1/9/2022).

Tentunya, menurut Ubay, narasumber ini akan membagikan informasi kepada mahasiswa baru tentang pengalaman yang telah didapatkan selama ini. Ia juga menjelaskan terkait tema seminar yakni “penguatan kompetensi Mahasiswa Fakultas Syariah berbasis Moderasi beragama di Era Disrupsi 5.0”.

“Kalau kita melihat kalimat disrupsi itu mengandung makna adanya sesuatu yang tercabut dari akarnya berarti ada sesuatu yang tidak kita lakukan lagi,” terangnya.

Wakil Rektor I, Prof, Dr. Abidin SAG, MAg, mengucapkan selamat datang kepada para calon maba di Kampus UIN Datokarama, khususnya bagi mereka yang berasal dari SMU/SMK yang cinta terhadap Universitas Islam.

“Bagi mahasiswa baru dari SMU/SMK tidak usah khawatir jika bergabung di UIN Datokarama, InsyaAllah setelah masuk kalian akan dapat berkah, karena disini bergentayangan ayat-ayat suci Al-Quran dan hadis serta kaedah kaedah fiqih,” jelasnya.

Sementara itu, narasumber seminar Prof. Siti Aisyah Sara, menuturkan, kegiatan penerimaan Maba dan seminar ini adalah loncatan berpikir yang baik.

“Biasanya penerimaan mahasiswa itu dilaksanakan dengan hura hura (non akademik). Hari ini direformulasi menjadi akademik dan non akademik,” tutupnya. UTM

Baca Juga