Sepak Bola Sea Games,  Menang Telak, Indonesia Jaga Peluang ke Semifinal

  • Whatsapp
idn02255-500x300-c8d27c8b

PALU, MERCUSUAR – Tim Sepak bola Indonesia kembali merebut kemenangan di Sea Games 2021 setelah berhasil memenangkan laga penting menghadapi Filipina, Jumat (13/5/2022). Witan Sulaeman dkk sukses mencukur  Filipina empat gol tanpa balas. 

Bermain di stadion  Viet Tri, Phu Tao, Jumat petang, Filipina langsung berinisiatif menyerang pertahanan Indonesia saat wasit Mahmud asal Kuwait memulai kick off babak pertama. Meski demikian di menit kelima, winger Indonesia, Witan Sulaiman mendapat peluang mencetak gol saat mendapat bola throughpass di sisi kanan pertahanan Filipina. Sayangnya sepakan Witan kandas di kaki kiper Quincy Kameraad.

Berita Terkait

Pilihan Redaksi :  Moh Irwan Tutup Kejurwil Tapak Suci Putra Sulteng

Filipina juga mencoba mencetak gol namun sepakan  Jaime Rosquilo  dari luar pinalti bisa dijangkau Ernando Ari. Kedua tim masih berhati-hati melakukan manufer serangan di awal babak pertama ini. 

Indonesia sejatinya sempat mencetak gol di menit 13 oleh Egy Maulana  namun dianulir karena Egy sudah dalam posisi offside.

Gol yang ditunggu Indonesia akhirnya datang di menit ke-17. Through pass Rizky Ridho ke Egy yang berdiri bebas menciptakan peluang  . Dengan kecepatannya Egy mendekati kotak pinalti dan memberikan umpan silang yang disambut sontekan Muhammad Ridwan, 1-0 untuk Indonesia.

Witan Sulaiman mendapat peluang di menit ke 31  saat sudah melewati kiper Filipina, Quincy Kameraad . Namun posisi bola yang jauh dari mulut gawang menyulitkan Witan melakukan eksekusi dengan sempurna. Semenit berselang Filipina juga mendapat kesempatan mencetak gol, tapi sepakan salto Dennis Chung tepat dipelukan kiper Ernando Ari.

Pilihan Redaksi :  Nosigalo FC Oldstar Palu Nikmati Permainan di Lapangan JIS Jakarta 

Serangan Filipina sempat berbahaya di akhir babak pertama.  Tapi manufer Dennis Chung di menit 40 digagalkan kiper Ernando Ari yang berhasil memotong bola yang mengarah ke kotak pinalti . 

Indonesia yang memang mengejar kemenangan di laga ini menambah gol lagi di menit ke-44 ketika sepakan bebas Sahrian Abimanyu yang mengarah ke titik pinalti disambut oleh sontekan kepala Rizky Ridho, 2-0 untuk Indonesia. 

Memasuki Babak kedua coach Shin Tae-yong memainkan Marselino  dan Irfan Jauhari termasuk  Rio Fahmi yang masuk menggantikan Asnawi. Strategi itu sudah cukup menjaga irama permainan Garuda Muda. 

Filipina yang berusaha keluar dari tekanan Indonesia menciptakan peluang di menit ke-Menit 65 bahkan Cristiano  Rontini nyaris saja membobol gawang Ernando Ari. 

Pilihan Redaksi :  Rawaty FC Kampiun Futsal Fest Kategori Umum

Gol ketiga Indonesia tercipta di menit 73 saat sodoran cantik Irfan Jauhari kepada Egy Maulana yang berlari dari belakang membuka celah mencetak gol. Benar saja sepekan plesing Egy bersarang di pojok kiri gawang Filipina, 3-0 untuk Garuda Muda. 

Coach Shin Tae-yong mencoba lagi pemain muda Ronaldo Kwateh di menit 81. Kesempatan ini dijawab Ronaldo lewat aksi memukau, salah satunya manuferya dalam kotak pinalti yang menyebabkan Enrique Rinales mengganjal Ronaldo. Kesempatan ini dimanfaatkan Marselino untuk menambah gol dari titik pinalti di menit ke-85 sekaligus mengunci keunggulan Indonesia 4-0.

Dari tayangan langsung televisi swasta, RCTI, kualitas passing pemain Indonesi masih belum maksimal dan egoisme pemain juga masih tampak di laga ini.  CLG

Baca Juga