Terkait PON, Marciano : Berikan Pada Ahlinya

Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman menyerahkan penghargaan kepada staf KONI Sulteng, Amrullah yang telah mengabdi selama 20 tahun di KONI Sulteng di sela-sela Rakerprov KONI Sulawesi Tengah di Palu, Rabu (1/5/2024). FOTO:ISSRIN ASSEGAF/MS

PALU,  MERCUSUAR- Ketua Umum KONI pusat Letjen TNI (Purn) Marciano Norman  mengatakan  fungsi KONI adalah sebagai pelaksana- kebijakan kebijakan pemerintah terkait keolahragaan. Hal ini ditegaskan Marciano   saat membuka Rapat Kerja Provinsi (Rakerprov) KONI Sulawesi Tengah di salah satu hotel di Kota Palu, Selasa (30/4/2024) malam.

Marciano mengatakan kebijakan pemerintah di bidang olahraga itu adanya di Kementerian Pemuda dan Olahraga sedangkan KONI Pusat adalah yang melaksanakan dan mengimplentasikan kebijakan dari pemerintah.

Oleh karena itu  KONI Pusat dengan Kemenpora  adalah dua bagian yang saling mengisi satu lama lain yang saling memperkuat satu sama lain. Begitu juga turunannya kebawah ke KONI Provinsi dengan Dispora hingga kabupaten. 

“Kita tidak bisa jalan sendiri, Menpora jalan sendiri juga tidak bisa, KONI pusat jalan sendiri juga tidak bisa,” ujar Marciano.

Marciano menambahkan, KONI tidak mungkin meningkatkan pembinaan prestasi dimanapun juga tanpa dukungan pemerintah. Marciano meminta apapun masalah yang ada itu harus dicari solusi. 

Terkait dengan Pekan Olahraga Nasional, Marciano kembali menegaskan bahwa  anggarannya dari pemerintah melalui Menpora, penanggung jawab pelaksanaan PON itu adalah ketum KONI Pusat.

“Perbedaan itu pasti ada dan yang terbaik berikan kepada ahlinya,  karena masyarakat Indonesia kecewa bila prestasi olahraga Indonesia ini tidak maju hanya karena dua institusi tidak bekerja sama.  Kita harus sinergi bekerja sama, perlu satu niat yang baik, perlu pengorbanan juga seperti halnya keluarga.

Pos terkait