Lomba Desa Dipantau Pjs Bupati Parmout

  • Whatsapp

PARMOUT, MERCUSUAR- Pjs Bupati Parigi Moutong (Parmout), Mohammad Nadir, yang didampingi Ketua TP PKK, Salmah Mohammad Nadir dan Kepal Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, melakukan pemantauan langsung kegiatan lomba desa di wilayah Utara Parigi Moutong, akhir pekan kemarin.

Mohammad Nadir, menegaskan bahwa pemerintah desa  merupakan tonggak utama pembangunan daerah dalam rangka pelaksanaan otonomi daerah.  Dimana berdasarkan Undang-undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa, memuat kewenangan yang sangat luas bagi pemerintah desa untuk membangun wilayahnya. Maka dari itu perlu kesiapan pemerintah desa memahami dan melaksanakan amanat undang-undang tersebut.

Berita Terkait

Agar hasil yang dicapai saat ini tetap dimanfaatkan, dipelihara, dan ditingkatkan secara bertahap dan berkesinambungan,” katanya.

Selanjutnya kata dia, berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 81 tahun 2015 tentang Evaluasi dan Perkembangan Desa/Kelurahan, bahwa penilaian perlombaan desa dilakukan berdasarkan pada hasil penilaian dan pemeringkatan.

Hal itu dilakukan untuk mengetahui efektifitas, tingkat perkembangan desa dan kelurahan, kemajuan, kemandirian, keberlanjutan pembangunan, kesejahteraan masyarakat, serta daya saing desa melalui instrumen alat ukur desa cepat berkembang dan desa berkembang.

Kegiatan lomba desa dan kelurahan ini juga  merupakan kegiatan nasional yang setiap tahun selalu dilaksanakan oleh seluruh provinsi kabupaten/kota di Indonesia. TIA

 

 

 

 

 

Baca Juga