Terima Bantua Rumah Produksi Gula Semut

  • Whatsapp

PARMOUT, MERCUSUAR – Kelompok Tani Hutan (KTH) Desa Oncone Raya, Kecamatan Tinombo Selatan, Kabupaten Parigi Moutong (Parmout) memperoleh bantuan berupa rumah produksi gula semut pohon enau dari Pemerintah Provinsi Sulteng, Kamis (12/4/2018).

Jaryono mewakili Kepala Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Dampelas Tinombo mengatakan, pemerintah berkomitmen dalam mensejahterakan rakyat, dengan memberikan dukungan berupa sarana dan prasarana produksi bagi kelompok tani yang memiliki produk unggulan, berupa produk gula semut yang berasal dari pohon Enau.

Berita Terkait

“Bantuan ini diharapkan dapat digunakan sebaik mungkin untuk meningkatkan produksi gula semut oleh kelompok tani hutan yang didampingi oleh Evergreen Indonesia,” ujarnya sembari memberi dukungan kepada kelompok Tani Hutan Oncone Raya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Desa Oncone Raya, Yasin mengatakan, bantuan tersebut sangat tepat diberikan kepada kelompok tani hutan Oncone Raya, mengingat melalui pendataan yang dilakukan di Desa Oncone Raya, terdapat 8 ribu tegakan pohon enau, sekitar 5 ribu pohon yang siap panen dan 3 ribu pohon masih remaja.

Sementara itu, Sekretaris Kecamatan Tinombo Selatan, Ahkam Tengkos menyampaikan, bantuan tersebut merupakan yang pertama di Kabupaten Parmout dan terlebih lagi di Kecamatan Tinombo Selatan. Pada kesempatan itu pula, Ahkam meminta agar segera membuat peraturan desa (Perdesa) untuk melindungi Aren dan kalau bisa dibudidayakan secara massal.

Penyerahan bantuan selain dihadiri oleh kelompok tani, juga dihadiri warga setempat dan desa tetangga termasuk Dinas Kesehatan Parmout yang secara langsung melihat dan mengambil beberapa sampel dari produksi gula semut untuk diuji di laboratorium. TIN/*

Baca Juga