MIM Al-Haq Palu Laksanakan Ujian Semester Berbasis Android

  • Whatsapp

BESUSU TENGAH, MERCUSUAR – Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah (MIM) Al-Haq Palu melaksanakan ujian semester berbasis Android. Ujian tersebut dilaksanakan sebagai bentuk pembiasaan para murid dalam mengikuti perkembangan teknologi terkini. 

Ujian berbasis android tersebut memang tidak dilaksanakan untuk seluruh murid  tetapi hanya untuk para murid kelas IV – VI sementara untuk kelas I – III tetap menggunakan kertas. Dengan pelaksanaan ujian berbasis android memang banyak memberikan manfaat bagi madrasah maupun para murid. Sebab pelaksanaan ujian bisa lebih mudah dan hasil dari ujian mereka bisa secepatnya mereka ketahui.

“Kami memang sudah berupaya agar bisa melaksanakan Ujian Berbasis Android karena sebelumnya mereka juga sudah mengikuti berbagai pembelajaran berbasis android. Apalagi saat ini hampir rata-rata para murid sudah memiliki Hp Android. Makanya kami tinggal mengarahkan mereka agar Hp tersebut bisa bermanfaat untuk digunakan dalam mengikuti ujian,” kata Kepala MIM Al-Haq Palu, Musafir, Kamis (30/11/2023).

Pihaknya mengakui, memang pelaksanaan ujian berbasis Android masih mengalami berbagai kendala, terutama ada beberapa murid yang belum memiliki HP. Makanya mereka terpaksa harus mengumpulkan sejumlah HP Android para guru untuk dipinjamkan kepada para murid untuk mengikuti ujian. Jika masih ada yang belum memiliki HP maka mereka akan menggunakan komputer yang ada di madrasah.

“Kami berupaya untuk bisa memfasilitas para murid yang memang belum memiliki Hp Android karena memang tidak semua murid yang memiliki Hp. Tentunya ini merupakan tanggung jawab kami sebagai pelaksana ujian berbasis Android. Sehingga pelaksanaan ujian bisa berjalan dengan baik tanpa adanya kendala,” terangnya.

Pelaksanaan ujian tersebut memang berbeda dengan sekolah umum lainnya, karena mereka memiliki tambahan pembelajaran agama. Jadi memerlukan waktu yang lebih banyak dari sekolah umum lainnya. UTM

Baca Juga