Bupati Lantik Pengurus Dewan Kesenian Sigi 

  • Whatsapp
DKS-4aa0fd7a
Bupati Sigi, Moh. Irwan Lapatta, saat melantik pengurus Dewan Kesenian Sigi periode 2022-2027, di Gedung Belo Rapovia Belo Rakava, Desa Potoya, Kecamatan Dolo, Jumat (7/1/2022). FOTO:DOK PROKOPIM PEMKAB SIGI 

SIGI, MERCUSUAR – Bupati Sigi, Moh. Irwan Lapatta, melantik pengurus Dewan Kesenian Kabupaten Sigi periode 2022-2027, di Gedung Belo Rapovia Belo Rakava, Desa Potoya, Kecamatan Dolo, Jumat (7/1/2022).

Bupati Sigi dalam sambutannya mengatakan, dengan dilantiknya pengurus Dewan Kesenian Sigi, diharapkan nantinya senantiasa berupaya melestarikan seni dan kebudayaan kita, dengan menggelar penampilan-penampilan seni, seperti halnya yang telah ditampilkan pada pelantikan tersebut. 

Berita Terkait

Pelantikan ini mengusung tema, “Indoku Bumi Umaku Langi, yang mana sesuai dengan program pemda, yaitu Sigi Hijau. 

Saat ini, pemda telah berupaya bersama-sama untuk menjaga lingkungan, di mana Pertambangan Tanpa Izin di atas wilayah Taman Nasional Lore Lindu, tepatnya di Dusun Dongi-dongi, merupakan hal yang sangat salah dan jelas melanggar hukum. Kegiatan tersebut juga telah banyak menimbulkan banyak dampak negative, seperti kerusakan ekologi dan beberapa penyakit masyarakat, yang menyebabkan rusaknya situasi lingkungan alam dan masyarakat di sekitarnya. 

Bupati menegaskan, tambang ilegal tersebut harus ditutup, karena akan memberikan dampak yang berkepanjangan bagi generasi penerus bangsa. Meskipun wilayah Dongi-dongi bukan wilayah administrasi Pemerintah Kabupaten Sigi, namun penambangan yang dilakukan di wilayah Dongi-dongi, akan memberikan dampak lingkungan yang besar, apabila terus dilakukan pembiaran bagi masyarakat di Kabupaten Sigi. 

Bupati menyambut baik dan sangat antusias terhadap keberadaan dewan kesenian daerah ini, bersama-sama pemerintah daerah untuk memelihara, mengembangkan dan melestarikan kesenian Sigi ke depan, dengan bantuan serta dukungan, sehingga kesenian dan budaya Sigi semakin dikenal.

Hadir dalam kesempatan itu, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Sigi, Dewan Pendiri DKS, Ketua Dewan Kesenian dan para seniman yang ada di Sulteng. AJI

 

Baca Juga