Masyarakat Uerani Berhak Nikmati ADD dan DD

  • Whatsapp

SIGI, MERCUSUAR – Kepala Desa (Kades) Uerani, Kecamatan Palolo Mei Yakub menegaskan masyarakat Uerani berhak untuk bisa menikmati hasil pembangunan dari Alokasi Dana Desa (ADD) maupun Dana Desa (DD).

Menurutnya, ADD dan DD memang dikucurkan untuk mempercepat pembangunan di desa dengan prinsip mengakomodir aspirasi masyarakat desa setempat. “Jadi kalau sebelumnya masyarakat masih harus menunggu pemerintah daerah yang membangunkan aspirasi mereka, sekarang pemerintah desa bisa lebih cepat mengakomodirnya,” ungkap Yacub melalui handphone, Minggu (22/4/2018).

Berita Terkait

Pilihan Redaksi :  50 Persen Siswa SMPN 2 Sigi Divaksin

Olehnya ia mengaku masyarakat pun berhak untuk menikmati hasil dari pembangunan desa, dimana masyarakat sendiri pula yang berkontribusi dalam melakukan pembangunan tersebut.

“Polanya adalah pemerintah menyediakan anggaran, kemudian program dimusyawarahkan bersama masyarakat dan selanjutnya dilaksanakan pula oleh masyarakat. Hasilnya pun masyarakat sendiri yang nikmati,” sambungnya.

Dia ia berharap masyarakat tetap berperan aktif dalam proses pembangunan desa dari tahun ke tahun.

Lanjutnya, tahun 2018 Pemerintah Desa (Pemdes) Uerani berencana akan membangun antara lain MCK, dua titik drainase sepanjang 700 meter dan 300 meter hingga jalan rabat beton sebagai jalan kantong produksi.

“Itu semua sudah atas dasar usulan masyarakat yang disepakati pada saat musyawarah perencanaan pembangunan beberapa waktu lalu. Sekarang kami masih sementara menyusun perencanaan programnya. Setelah itu jika sudah cair anggaran, kami akan langsung melakukan pembangunan yang tentunya tetap bersama-sama masyarakat kami,” tutupnya. BAH

Baca Juga