Pendaftaran Calon Anggota Bawaslu Disosialisasi

  • Whatsapp
SEKRETARIS Bawaslu Kabupaten Sigi Rahmat Latjinala saat menerima berkas pengumuman pendaftaran calon anggota Bawaslu Kabupaten Sigi oleh Tim Seleksi Bawaslu Sulteng, bertempat Kantor Bawaslu Kabupaten Sigi, Rabu (27/6/2018). FOTO: SANAJI/MS

SIGI, MERCUSUAR – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulteng menyosialisasikan pendaftaran calon anggota Bawaslu Kabupaten Sigi.

Pendaftaran dibuka mulai 28 Juni 2018 (hari ini) hingga 4 Juli 2018 mendatang.

Berita Terkait

Demikian dikatakan anggota tim seleksi Bawaslu Sulteng Kasman Jaya, Rabu (27/6/2018).

Menurutnya, sekretariat pendaftaran calon anggota Bawaslu baik zona satu maupun dua dipusatkan di kantor Bawaslu Sulteng di Jalan Kolonel Sugiono Palu.

Persyaratan bagi pendaftar usia diatas 30 tahun dan lulusan SMA.

“Untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ingin mendaftarkan diri menjadi calon anggota Bawaslu Sigi harus bersedia mengundurkan diri sementara sebagai ASN. Dalam hal ini profesi ASNnya tidak gugur, tetapi selama dia menjabat sebagai anggota Bawaslu yang bersangkutan tidak mendapatkan tunjangan dari negara, karena sudah ada tunjangan dari Bawaslu,” jelas Kasman.

Calon anggota Bawaslu, tambahnya, saat mendaftar harus melampirkan surat pernyataan tidak pernah dipidana selama lima tahun dari pengadilan.

Pihaknya, kata Kasman, juga mendorong kepada perempuan untuk mengisi jabatan Bawaslu Kabupaten Sigi. Apalagi, saat ini secara institusional Panwas ditingkat kabupaten telah berubah menjadi Bawaslu, hingga diharapkan kualitas sumberdaya anggota Bawaslu bagus.

Adapun untuk jumlah pendaftar, lanjutnya, tidak dibatasi.

Dijelaskannya, untuk seleksi administrasi ada empat kali tahapan seleksi, yakni pengumpulan berkas, seleksi berkas, wawancara dan tes kesehatan, dengan syarat bebas narkoba.

Dalam seleksi calon anggota Bawaslu, tambahnya, Sigi masuk zona satu bersama Kabupaten Donggala, Tolitoli, Buol, Parimo, Kabupaten Poso dan Kota Palu.

Tim seleksi bekerja selama dua bulan  mulai dari sekarang hingga bulan Agustus. “Jika tidak ada halangan 16 Agustus 2018 agenda pelantikan,” tutupnya.AJI

Baca Juga