Camat dan Kades Diminta Bantu Mahasiswa KKN

Bupati Sigi, Moh Irwan saat menyampaikan sambutan pada pelepasan dan penerimaan mahasiswa KKN Tematik UIN Datokarama, di Palu, Rabu (24/4/2024). FOTO: DOK. PROKOPIM PEMKAB SIGI

PALU, MERCUSUAR – Bupati Sigi, Moh Irwan meminta para Camat dan Kepala Desa (Kades) yang wilayahnya menjadi sasaran pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik, agar membantu mahasiswa peserta KKN dari Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, dalam setiap program yang dilaksanakan.

“Camat dan Kepala Desa agar membantu mahasiswa selama pelaksanaan KKN berlangsung,” kata Irwan, saat menyampaikan sambutan pada pelepasan dan penerimaan 276 mahasiswa KKN Tematik UIN Datokarama, di Palu, Rabu (24/4/2024). 

Irwan meminta kepada para Camat dan Kades untuk bersinergi dengan mahasiswa, melalui program kegiatan yang akan dilaksanakan oleh selama program KKN berjalan.

Pelaksanaan KKN Tematik UIN Datokarama di Kabupaten Sigi berlangsung di 9 kecamatan yang terbagi ke 31 desa, selama sebulan mulai dari tanggal 24 April 2024 hingga 25 Mei 2024. 

Program KKN Tematik UIN Datokarama mencakup tiga kluster meliputi pelayanan publik, moderasi beragama, dan kewirausahaan. 

Irwan menilai bahwa KKN Tematik dengan tiga kluster tersebut, berkesesuaian atau sejalan dengan upaya Pemkab Sigi dalam mempercepat penyelenggaraan pembangunan berkelanjutan.

Kluster moderasi beragama, misalnya, sebut dia, menjadi satu pendekatan pembinaan masyarakat yang sangat penting dilakukan, untuk meningkatkan kualitas kerukunan umat beragama di daerah.

“Hal tersebut menyusul Kabupaten Sigi sebagai kabupaten yang majemuk, dihuni oleh masyarakat dari berbagai agama, suku dan budaya. Oleh karena itu, dibutuhkan satu pendekatan yang baik, untuk mengelola kehidupan sosial keagamaan di Kabupaten Sigi,” ujar Irwan.

Pos terkait