HPA Diminta Segera Siapkan Munas

Rapat perdana PP-HPA usai menerima SK dari Ketua Utama Alkhairaat, Sabtu (6/4/2024). FOTO: DOK. PP-HPA

PALU, MERCUSUAR – Pengurus Pusat Himpunan Pemuda Alkhairaat (PP-HPA) diminta untuk segera mempersiapkan pelaksanaan Musyawarah Nasional (Munas), usai menerima Surat Keputusan (SK) dari Ketua Utama Alkhairaat.

Hal itu disampaikan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Pengurus Besar (PB) Alkhairaat, Dr. Djamaluddin Mariajang, pada rapat bersama jajaran PP-HPA, di salah satu warung makan di Palu, Sabtu (6/4/2024).

“Silakan pengurus yang sudah mendapatkan SK, untuk jalan dan segera mempersiapkan Munas,” ujar Djamaluddin.

Ia juga meminta kepada pengurus PP-HPA yang baru, untuk berkoordinasi dan bersinergi bersama PB Alkhairaat, agar semua kegiatan dapat berjalan dengan baik. Begitu juga di tataran pengurus wilayah dan daerah agar turut berkoordinasi dengan Komda Alkhairaat di daerahnya masing-masing.

“Pengurus PP HPA yang baru ini, silakan membentuk kepengurusan baru di tingkat wilayah dan daerah, jika memang pengurus lama sudah tidak aktif lagi,” pintanya.

Djamaluddin juga menegaskan, SK PP-HPA yang dikeluarkan oleh Ketua Utama Alkhairaat telah sesuai dengan Anggaran Dasar Alkhairaat. SK tersebut diterbitkan karena pengurus PP-HPA yang lama sudah demisioner sejak tahun 2021 lalu.

“Sebenarnya, Ketua Utama Alkhairaat sudah memberikan kesempatan kepada PP-HPA yang sebelumnya untuk menyelenggarakan Munas. Tapi karena sampai selesainya Muktamar Alkhairaat tidak ada juga Munas PP-HPA, akhirnya Ketua Utama langsung mengambil alih dan mengeluarkan SK yang baru,” terang Djamaluddin.

“Kenapa SK sekarang langsung Ketua Utama yang keluarkan, karena memang sudah seperti itu yang tercantum dalam Anggaran Dasar Alkhairaat hasil Muktamar di Dolo, belum lama ini, di mana semua Badan Otonom (Banom) Alkhairaat SK-nya dikeluarkan langsung Ketua Utama, salah satunya PP-HPA,” sambungnya.   

Sementara Ketua Umum PP-HPA, Ashar Yahya dalam rapat perdana itu menyampaikan, tugas utama kepengurusan PP-HPA yang baru adalah menyelenggarakan Munas, yang belum terlaksana sejak tahun 2021 lalu.

Pos terkait