Kemenkop Kunjungi UMKM di Sigi 

  • Whatsapp
UMKM-0b7cf4d0

SIGI, MERCUSUAR – Tim monitoring dan evaluasi (monev) Deputi Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop dan UKM) Republik Indonesia, mengunjungi salah satu UMKM penerima bantuan pemerintah di Sigi, Rabu (24/11/2021). Demikian dikatakan Kepala Seksi UMKM Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Sigi, Arifin, kepada wartawan Mercusuar melalui sambungan telepon, Kamis (25/11/2021).

Dijelaskannya, kunjungan tersebut dalam rangka untuk  memonitoring penerima bantuan pemerintah untuk UMKM terdampak bencana di daerah, yakni Kota Palu, serta Kabupaten Sigi dan Kabupaten Donggala (Pasigala).

“Tim monitoring Kemenkop dan UKM  saat melakukan kunjungan ke Sigi  berjumlah 4 orang, melakukan monitoring dan evaluasi 1 UMKM yang menerima bantuan tahun 2020 dan 3 UMKM tahun 2021,” jelasnya. 

Pilihan Redaksi :  Gubernur Optimis Angka Stunting Dapat Diturunkan

Lanjutnya, dalam hal ini, tim dari kementerian ingin melihat perkembangan UMKM, setelah menerima bantuan dari Kementerian Koperasi dan UKM RI. 

Dalam monev, mereka bertanya apakah ada pembukuan usaha dipisah dengan kebutuhan, pemasaran UMKM apakah secara daring selain luring, serta langkah-langkah untuk meningkatkan usaha, juga apakah mereka pernah mengakses bantuan dana selain banpem bencana. 

Selain monitoring tim kementerian membuat video testimoni kepada pelaku UMKM, apa manfaat dan saran kepada Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia. AJI

 

Baca Juga