Manfaatkan Teknologi untuk Tingkatkan Kualitas Beragama

  • Whatsapp

PALU, MERCUSUAR – Tantangan globalisasi dan perkembangan teknologi informasi harus menjadi perhatian bagi para dai.

Hal itu disampaikan Direktur Jenderal (Dirjen) Bimbingan Masyarakat Islam (Bimas Islam) Kementerian Agama (Kemenag) RI, Prof. Dr. Phil. H. Kamarudin Amin, saat mengukuhkan Pengurus Wilayah Majelis Dai Kebangsaan (MDK) Provinsi Sulteng periode 2023-2026, di salah satu hotel di Palu, Jumat (24/11/2023).

Kamarudin juga mengingatkan, para dai khususnya pengurus MDK untuk dapat menjangkau anak-anak muda, untuk memberikan pencerahan dan membangun pemahaman keagamaan yang kuat.

“Tantangan kita adalah harus mampu menjangkau anak-anak muda. Kalau tidak, maka jangan sedih jika anak-anak muda mengganggap bahwa agama tidak penting, bahwa agama cukup di hati saja, menjadi tidak religius,” tegas Kamarudin.

Ia mengajak pengurus MDK Sulteng untuk memiliki visi yang sama, yakni meningkatkan kualitas beragama, khususnya kepada generasi muda, dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi. Salah satunya, dengan turut memanfaatkan platform media sosial (medsos).

“Gunakan medsos dengan konten-konten yang menyejukkan, berkualitas dan produktif,” imbuhnya.

Menurutnya, para dai harus beradaptasi, tidak lagi hanya tampil konvensional di ruang-ruang tradisional, tidak cukup hanya ceramah berkumpul dalam ruang, kecuali pada pondok-pondok pesantren atau komunitas-komunitas.

“Secara umum, di daerah perkotaan tidak mudah lagi menjangkau anak muda, generasi Z. Kita harus menggapai mereka, menjangkaunya melalui media sosial, aktif dan produktif memilih ruang media sosial,” tegasnya.

Dalam kegiatan yang dirangkaikan dengan Rapat Kerja Wilayah Badan Kesejahteraan Masjid (BKM) Provinsi Sulteng, Kamarudin juga menjelaskan tujuan utama keberadaan MDK adalah menjadikan agama Islam sebagai instrumen, wasilah, dan sarana yang berkontribusi terhadap pembangunan.

Menurutnya, agama tidak hanya berkaitan dengan moralitas, integritas, akhlak, urusan akhirat dan urusan metafisik. Namun, agama juga berkaitan dengan urusan kontribusi langsung kepada kehidupan dunia.

Baca Juga