Menko Perekonomian Dorong Peran Satgas Pangan

  • Whatsapp
MENKO-6420da35
FOTO: Pj. Sekdaprov Sulteng, Faizal Mang (tengah) saat mengikuti rapat koordinasi ketersediaan pangan dan minyak goreng secara virtual, yang dipimpin langsung Menko Perekonomian RI, Airlangga Hartarto, Selasa (19/4/2022).///FOTO: HUMAS PEMPROV

PALU, MERCUSUAR – Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian RI, Airlangga Hartarto mengimbau kepada pemerintah daerah provinsi, kabupaten dan kota untuk mendorong peran Satuan Tugas (Satgas) pangan daerah, untuk menjaga distribusi minyak goreng dari distributor sampai ke pengecer.

Hal itu disampaikan Airlangga, saat memimpin rapat koordinasi Ketersediaan Pangan dan Minyak Goreng Curah yang digelar secara virtual hybrid, Selasa (19/4/2022).

Hadir mengikuti rapat tersebut, Pj. Sekretaris Daerah Provinsi Sulteng, M. Faizal Mang, didampingi Plt. Kepala UPT Pengawasan Perlindungan Konsumen Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Sulteng, Siti Maimunah, dan Kepala Seksi Harga Pangan Dinas Pangan Provinsi Sulteng, Agustin, dari ruangan video conference Kantor Gubernur Sulteng.

“Dengan adanya minyak goreng yang bisa dicapai di harga Rp15.000 atau Rp14.000, saya minta dibuatkan spanduknya biar masyarakat mengetahui. Tentunya harus dijamin ketersediaan jumlah maupun harga, kemudian nanti pemerintah akan memberikan tanggapan kebijakan kepada Bulog, untuk mengisi daerah-daerah yang diperkirakan masih rentan,” tegas Menko Airlangga, kepada peserta rapat.

Airlangga juga menyampaikan, sebagaimana diketahui adanya ketegangan antara Rusia dan Ukraina turut menyebabkan terjadinya kenaikan berbagai komoditi utamanya pangan. Adapun dampak geopolitik tersebut juga dirasakan di Indonesia, yaitu kenaikan harga komoditas dan juga kenaikan inflasi.

“Harga pangan naik secara global, tidak hanya terjadi di Indonesia tetapi juga di seluruh dunia,” katanya.

Airlangga meminta para produsen untuk segera mendistribusikan minyak goreng kepada masyarakat, sebagai upaya untuk penyediaan kebutuhan masyarakat.

Turut hadir secara virtual dalam rapat tersebut, Menteri Perindustrian, Menteri Keuangan, Menteri Perdagangan, Menteri BUMN, Menteri Pertanian, Menteri Dalam Negeri, Sekretariat Kabinet, Menteri Perhubungan, Kapolri, Kepala BPS, Kepala BPN, Dirut Perum Bulog, Kasatgas Pangan, Dirut BPDPKS serta para Gubernur se-Indonesia. */IEA

Baca Juga