Pemkab Morut Gelar ProDELIS di Mori Utara

Pemkab Morut melanjutkan program ProDELIS di Kecamatan Mori Utara, yang dipusatkan di Desa Mayumba, Jumat (19/4/2024). FOTO: IST.

MOROWALI UTARA, MERCUSUAR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Morowali Utara (Morut) melalui Dinas Kesehatan bekerja sama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Morut kembali menggelar pelayanan kesehatan gratis, melalui Program Dokter Spesialis Lintas Desa (ProDELIS).

Terbaru, program tersebut menyasar sejumlah desa di Kecamatan Mori Utara, yang dipusatkan di Desa Mayumba, Jumat (19/4/2024). Sebelumnya, program tersebut telah dilaksanakan di tiga desa, yakni peluncuran perdana di Desa Baturube Kecamatan Bungku Utara, serta di Desa Mamosalato dan Desa Lijo.

ProDELIS merupakan inovasi yang digagas Bupati Morut, Dr. dr. Delis Julkarson Hehi bersama Wakil Bupati, H. Djira K, yang bertujuan memberikan dan mendekatkan pelayanan kesehatan yang optimal bagi masyarakat Morut.

Ratusan masyarakat terpantau mengikuti program pelayanan dan pengobatan gratis yang digelar di Puskesmas Mayumba tersebut. Pelayanan itu menghadirkan 5 dokter berpengalaman, masing-masing dokter umum, dokter spesialis penyakit dalam, dokter spesialis anak, dokter spesialis THT, dokter spesialis radiologi, dan dokter spesialis jantung.

Kepala Dinas Kesehatan Morut, Romelius Sapara pada kesempatan itu mengatakan, pelayanan pemeriksaan dan pengobatan gratis merupakan salah satu program inovasi dari Pemkab Morut, untuk memastikan setiap masyarakat hidup sehat. 

“Saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah terlibat dalam kegiatan ProDELIS ini, khususnya Ketua IDI Morut bersama kru, Camat Mori Utara dan Kepala Desa yang telah bersinergi dalam mendukung ProDELIS. Ini merupakan program sosial kemanusiaan yang sangat cemerlang, luar biasa manfaatnya karena pemerintah bisa memastikan setiap kecamatan melalui desa-desa warga masyarakatnya sehat-sehat,” kata Romelius. 

“ProDELIS ini harus kita dukung dan sukseskan bersama, sebagai bentuk perhatian serius pemerintah dalam memerhatikan kesehatan masyarakatnya,” sambung Romelius. 

Ketua TP-PKK Morut, Febriyanthi Hongkiriwang dalam sambutannya mengatakan program tersebut merupakan bentuk kolaborasi antara Pemkab Morut dengan IDI, dan merupakan kegiatan kemanusiaan yang sangat bermanfaat bagi masyarakat.

Pos terkait