Teknologi Informasi Kunci UMKM Naik Kelas

  • Whatsapp

PALU, MERCUSUAR – Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulteng, Novalina mengapresiasi pelatihan UMKM bertema ‘UMKM Naik Kelas Go Digital’ yang diselenggarakan Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Sulteng, yang digelar di salah satu hotel di Palu, Senin (27/11/2023).

Novalina melihat peluang bisnis digital sangat menjanjikan saat ini, karena tak lepas dari perubahan perilaku konsumen yang lebih banyak belanja daring.

“Perilaku konsumen sekarang banyak yang mager (malas gerak), sehingga peluang ini harus diambil,” kata Novalina di hadapan peserta pelatihan.

Apalagi, kata dia, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulteng sudah menyediakan e-katalog lokal, untuk meningkatkan pelibatan pelaku usaha daerah dalam pengadaan barang jasa pemerintah daerah. Namun, kata dia, hal itu belum termanfaatkan dengan baik.

“E-katalog kita masih terbatas isinya, padahal banyak produk lokal Sulteng yang bisa didorong masuk, bukan hanya makanan dan minuman,” urainya.

Karena itu, ia berharap kegiatan tersebut dapat memantik inovasi pelaku UMKM, untuk mengembangkan pemasaran dan jaringan usaha yang lebih kompetitif.

“Saya yakin pelaku UMKM bisa naik kelas, go digital dengan memanfaatkan teknologi informasi,” ujarnya.

Baca Juga