Kemenag Tolitoli Verifikasi Izin Operasional Ponpes Takhassusil Aliyah Sabang

  • Whatsapp
PONPES-19fd1b71
FOTO: Kemenag Tolitoli melakukan kunjungan monitoring dan verifikasi izin operasional, ke Pondok Pesantren Takhassusil Aliyah DDI Sabang, Kecamatan Galang, Selasa (10/8/2021). FOTO: DOK KEMENAG TOLITOLI

TOLITOLI, MERCUSUAR – Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren pada Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tolitoli, melakukan kunjungan monitoring dan verifikasi izin operasional, ke Pondok Pesantren Takhassusil Aliyah DDI Sabang, Kecamatan Galang, Selasa (10/8/2021).

Tim verifikasi dipimpin Kepala Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kantor Kemenag Kabupaten Tolitoli, Moh. Dong.

Berita Terkait

“Verifikasi dimaksudkan untuk menjelaskan alur proses pendaftaran keberadaan pesantren dalam bentuk izin operasional bagi pesantren, sehingga dapat menjadi acuan bagi semua pihak. Izin operasional merupakan dokumen penting yang harus dimiliki setiap lembaga pondok pesantren, karena ini merupakan syarat mutlak berdirinya pondok pesantren,” katanya.

Pilihan Redaksi :  Polres Tolitoli, Bentuk Tim Selidiki Kasus Hilangnya Dokter Faisal

Moh. Dong menambahkan, petunjuk teknis pendaftaran keberadaan pesantren bertujuan untuk menjamin efektifitas, efisiensi transparansi dan akuntabilitas proses, yang terkait dengan izin terdaftar bagi pesantren.

“Adapun syarat dan sistem pengajuan izin operasional keberadaan pondok pesantren, merujuk Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) Nomor 511 Tahun  2021 tentang petunjuk teknis pendaftaran keberadaan pesantren,”  jelas Moh. Dong.

Verifikasi  ini dilakukan untuk menyesuaikan berkas pengusulan izin operasional keberadaan pesantren, dengan fisik yang ada di lapangan, serta memastikan kesesuaian data yang diajukan dengan fakta yang ada di lapangan.

Sementara itu di kesempatan yang sama, Pimpinan Pondok Pesantren Takhassusil Aliyah DDI Sabang, mengucapkan terima kasih kepada tim verifikasi Kantor Kemenag Tolitoli atas kunjungannya. */JEF

Pilihan Redaksi :  Kemenag Tolitoli Laksanakan Pengukuran Kebugaran Jasmani CJH

 

Baca Juga