Polres Sigi Laksanakan Ops Keselamatan Tinombala

  • Whatsapp

SIGI, MERCUSUAR – Polres Sigi melaksanakan Operasi (Ops) Keselamatan Tinombala tahun 2024 yang dimulai Senin tanggal 4 Maret kemarin hingga tanggal 17 Maret mendatang. Ops ini dimulai dengan dilaksanakannya Apel Gelar Pasukan di halaman Mako Polres Sigi, Jumat (01/03/2024).

Kapolres Sigi, AKBP Reja A Simanjuntak SH SIK MH dalam apel tersebut menyampaikan amanat Kapolda Sulteng yang di antaranya mengungkapkan operasi ini digelar dalam rangka menciptakan keselamatan berlalu lintas guna terwujudnya indonesia maju.

“Hal inilah yang mendasari digelarnya operasi ini secara serentak oleh Polda Sulteng beserta seluruh polres jajaran. Operasi ini mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif serta penindakan pelanggaran lalu lintas menggunakan Tilang Elektronik (ETLE) ataupun menggunakan blangko teguran,” ujar AKBP Reja.

Ia berharap operasi ini dapat meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas, meminimalisir pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas yang berimplikasi terhadap tingkat fatalitas korban kecelakaan. Kemudian diharapkan pula bisa meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap polri dan terbentuknya opini positif serta citra tertib dalam berlalu lintas sesuai tema operasi ini yaitu Keselamatan Berlalu Lintas Guna Terwujudnya Indonesia Maju.

“Melalui ini, kami bacakan penekanan bapak Kapolda Sulteng yakni jalin koordinasi yang baik dengan stakeholder terkait guna tercapainya tujuan operasi, lakukan deteksi dini dan deteksi aksi serta intervensi dini terhadap seluruh potensi kerawanan kamseltibcarlantas yang ada di wilayah Provinsi Sulawesi Tengah. Tingkatkan kegiatan patroli dan penjagaan pada titik rawan kemacetan, pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas serta gunakan Tilang Elektronik (ETLE), baik statis maupun mobile dan blangko teguran jika menemukan adanya pelanggaran lalu lintas,” tambahnya.

Lanjutnya, personal juga ditekankan untuk memberi edukasi terkait kamseltibcar lantas kepada masyarakat secara intens, terkhusus kepada kaum milenial sehingga dapat menjadi pelopor keselamatan guna menekan angka pelanggaran dan meminimalisir fatalitas korban kecelakaan lalu lintas. Kemudian menghindari pungli serta tindakan-tindakan yang dapat menimbulkan komplain masyarakat. Serta meningkatkan kewaspadaan dalam pelaksanaan tugas guna mengantisipasi adanya teror dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

Diketahui, dalam apel tersebut turut hadir pula Wakapolres Sigi, PJU Polres Sigi, peleton TNI, Dishub Sigi, Senkom Sigi, siswa SMA Negeri 2 Dolo, siswa SMP Negerj 4 Sigi dan Komunitas SKC RX-KING Sigi. JEF

Baca Juga