Abon Ayam Kelor Alike Raih Juara 2

  • Whatsapp

BESUSU BARAT, MERCUSUAR – Industri Kecil Menengah (IKM) Nandike Food berhasil meraih juara 2 dalam lomba cipta produk olahan hasil peternakan se-Sulteng. Nandike Food menciptakan produk lokal abon ayam lengkuas kelor dengan nama Alike.

‚ÄúProduk yang diikutlombakan ada 2 macam olahan untuk tiap kabupaten dan kota, tapi dinilai setiap produknya. Nandike Food menyajikan produk abon ayam lengkuas kelor dan stick paru sapi. Adapun yang kemudian berhasil lolos meraih juara 2 adalah produk abon ayam lengkuas kelor,” ujar Nanni di sela-sela berjualan di stan pasar tani, Rabu (20/9/2023)

Owner Nandika Food, Nanni mengatakan, keunggulan abon Alike adalah menggunakan daun kelor dan diolah dengan disangrai tanpa menambahkan minyak, sehingga lebih sehat dan gurih. 

Lomba yang digelar Dinas Perkebunan dan Peternakan Sulteng ini, dilaksanakan pad 31 Agustus 2023, di Vila Sutan Raja Palu.

Bidang Peternakan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kota Palu, Ratna Resky selaku pendamping UKM olahan hasil peternakan mengatakan, terdapat tujuh kriteria utama jadi penilaian para juri dalam lomba yang diikuti 10 kabupaten kota di Sulteng ini.

“Lomba cipta produk olahan hasil peternakan ini, guna menumbuhkan kreativitas para pelaku usaha UKM sektor peternakan, untuk berinovasi dan berkreasi dalam menciptakan produk olahan hasil peternakan yang berdaya saing,” ujarnya

Ditambahkan Ratna, khusus untuk lomba olahan makanan ini, tujuannya adalah mengenalkan kepada masyarakat keragaman olahan makanan dari daging ayam maupun sapi. Aneka kreasi ini selain keragaman menu, juga ternyata bisa dijadikan untuk kegiatan usaha produktif, yang nantinya akan menambah pendapatan keluarga. ABS

Baca Juga