SMPN 5 Palu Maksimalkan Program Literasi

  • Whatsapp

TAVANJUKA, MERCUSUAR – SMPN 5 Palu memaksimalkan program literasi, dalam rangka meningkatkan minat baca para siswa. Dengan adanya program literasi, seluruh siswa diwajibkan membaca setiap pagi, sebelum memasuki pembelajaran di kelas. 

Literasi merupakan salah satu program yang wajib dimaksimalkan oleh sekolah, dalam meningkatkan minat baca para siswa. Saat ini, seluruh siswa sudah memasuki era digital, di mana sangat sulit untuk mereka membaca buku pembelajaran. Mereka lebih cenderung menggunakan HP dari pada membaca buku.

“Kami berupaya untuk bisa memaksimalkan program literasi para siswa, yang dilaksanakan setiap pagi sebelum memasuki pembelajaran di kelas. Seluruh siswa diwajibkan untuk membaca buku apapun yang ada di perpustakaan, sehingga mereka terbiasa untuk membaca, yang sangat penting untuk menambah pengetahuan merekaa,” kata Kepala SMPN 5 Palu, Ilman Usman, Rabu (20/9/2023).

Pihaknya menjelaskan, literasi ini tidak hanya untuk membiasakan mereka membaca tetapi untuk menambah wawasan mereka. Dengan banyak membaca, maka mereka tentunya banyak mendapatkan manfaat, sehingga tidak boleh ada siswa yang tidak membaca setiap paginya di sekolah bersama dengan teman lainnya.

“Kami menyiapkan waktu 15 – 30 menit setiap paginya untuk mereka membaca berbagai buku di perpustakaan. Kami juga berupaya untuk bisa memberikan berbagai buku baru untuk para siswa, agar mereka tidak bosan dengan buku yang ada di perpustakaan,” tutupnya. UTM 

Baca Juga