Bangkitkan Ekonomi, Pemerintah dan Swasta Harus Bergandengan

  • Whatsapp
FB_IMG_1539258433179

PALU, MERCUSUAR-Untuk membangkitkan perekonomian Palu , Donggala, dan Sigi pasca bencana gempa, tsunami, dan likuifaksi, pemerintah dan dunia usaha harus bergandengan tangan.

Hal itu dikemukakan tokoh masyarakat Palu, Asgar Djuhaepa, Sabtu (13/10/2018).

“Pembenahan sektor ekonomi tidak bisa diserahkan semata-mata hanya pemerintah. Dunia usaha atau swasta juga harus terlibat aktif. Pemerintah dan swasta harus bergandengan tangan, bahu membahu bersinergi membangun kembali ekonomi masyarakat, khususnya pelaku ekonomi kecil dan mikro,” kata Asgar yang juga Ketua Bidang Pertanian DPP PPP.

Mantan Ketua Komisi III DPRD Sulteng ini, menyebarkan semangat masyarakat harus segera bangkit. Ajakan dan sikap optimistis itu disampaikan Asgar selama tiga hari terakhir menyalurkan bantuan untuk korban bencana.

Pilihan Redaksi :  Pj Sekdaprov Buka Sidang Tim PIPA

Dikatakan Asgar, langkah pertama pemulihan ekonomi, perlu dilakukan pendataan dan inventarisasi masalah ekonomi yang dihadapi masyarakat pasca gempa.

Data yang ada, selanjutnya digunakan untuk menemukan solusi tepat untuk korban terdampak bencana.

“Saya dialog dengan korban sepanjang pantai, mereka rata-rata nelayan dan petani kebun. Selain itu penjual jajanan atau kuliner di pantai. Ada juga ina-ina penjual ikan, cabai dan sayur kaki lima di pasar. Mereka kehilangan tempat tinggal dan untuk nelayan hilang perahu beserta alat pancingnya,” beber Asgar.

Asgar berharap pemerintah dan swasta dapat berbagi peran untuk penyediaan alat produksi dan permodalan bagi nelayan, petani, dan pedagang kecil terdampak bencana.

“Mereka sekarang kehilangan mata pencaharian. Alat produksi hancur, modal tidak ada. Pemerintah, dunia usaha dan kita semua harus membatu para nelayan yang kehilangan mata pencahariannya sepeti perahu, alat penangkapan ikan, mesin, para pedagang kecil di pasar seperti Ina-Ina diberikan modal untuk usaha kecil, yang punya lahan pertanian dibantu untuk rehabilitasi lahan, sehingga diharapkan ekonomi masyarakat yang terkena dampak gempa tsunami dapat pulih kembali. Roda ekonomi dapat berputar dan daya beli masyarakat mulai tumbuh,” saran Asgar. TMU

Baca Juga