FKM Untad Jalin Kerja Sama Dengan FIKES UPN Veteran Jakarta

  • Whatsapp
FKM-dbe0400f
FOTO: Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Tadulako (Untad) menjalin kerja sama dengan Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jakarta. FOTO: DOK FKM UNTAD

PALU, MERCUSUAR – Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Tadulako (Untad) menjalin kerja sama dengan Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jakarta. Substansi kerja sama yang digelar Selasa (12/1/2022) lalu secara luring dan via Zoom meeting tersebut, terkait penyelenggaraan Tri Dharma perguruan tinggi dan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM).

Dokumen yang ditandatangani bersama tersebut meliputi Memorandum of Agreement (MoA) antara FKM Untad dengan FIKES UPN Veteran, serta antara Program Studi Kesehatan Masyarakat dan Program Studi Gizi FKM Untad, dengan Program Studi Kesehatan Masyarakat dan Program Studi Gizi FIKES UPN Veteran. 

Berita Terkait

Pilihan Redaksi :  Eko Wandowo Gelar 'Kupatan' di TVRI

Dalam sambutannya, Dekan FIKES UPN Veteran, Dr. drg. Wahyu Sulistiadi, MARS menyebut, segera dapat diimplementasikan bentuk kegiatan yang akan dilaksanakan bersama, terkait Tri Dharma perguruan tinggi maupun MBKM.

Sementara itu, Dekan FKM Untad, Prof. Dr. Nurdin Rahman, M.Si., M.Kes berharap, MoA tersebut segera ditindaklanjuti oleh fakultas, khususnya Program Studi Kesehatan Masyarakat dan Program Studi Gizi, dalam bentuk kegiatan yang terkait dengan tridharma perguruan tinggi,  termasuk yang terkait dengan program MBKM dan juga terkait dengan pencapaian target Indikator Kinerja Utama (IKU), serta kontribusinya terhadap akreditasi prodi. 

“Mohon untuk koordinasi intensif dengan prodi, terkait di FIKES UPN Veteran, untuk rencana kegiatan-kegiatannya,” kata Dekan FKM.

Pilihan Redaksi :  Eko Wandowo Gelar 'Kupatan' di TVRI

Terkait hal itu, Wakil Dekan Bidang Akademik FKM Untad, Dr. Muh. Ryman Napirah, S.KM., M.Kes mengharapkan, kegiatan-kegiatan terkait Tri Dharma perguruan tinggi dan MBKM yang berbasis visi keilmuan masing-masing institusi, segera dilaksanakan. Adapun visi tersebut, yakni beridentitas bela negara dan berwawasan bencana khususnya pertukaran mahasiswa, pertukaran dosen, riset dan publikasi, pengabdian kepada masyarakat, kkn, magang, dan kegiatan ilmiah lainnya. 

Di tempat yang sama, Koordinator Program Studi Kesehatan Masyarakat FKM Untad, Herawanto, S.KM., M.Kes mengatakan, melalui kerja sama tersebut, peluang besar untuk Prodi Kesmas mendapat pengalaman-pengalaman dari UPN Veteran, dalam penyelenggaraan Tri Dharma, serta menjadi peluang baik mahasiswa maupun dosen melakukan pertukaran dan penelitian atau pengabdian kepada masyarakat bersama. 

Pilihan Redaksi :  Eko Wandowo Gelar 'Kupatan' di TVRI

Sedangkan Koordinator Program Studi Gizi FKM Untad, St. Ika Fitrasyah, S.Gz., M.Si berharap  dapat tercipta proses pendidikan yang memiliki standar kualitas yang baik di program studi. CLG

Baca Juga